BERITA

Visitasi Akreditasi Program Studi Sistem Informasi Unikom

Jumat, 07 September 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Program Studi Sistem Informasi Unikom menyambut Visitasi Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Jumat (24/8). Visitasi tesebut menghadirkan dua asesor yakni Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, M.Kom dari Universitas Kristen Satya Wancana dan Wahyu Catur Wibowo, M.Sc., Ph.D dari Universitas Indonesia.

Sebelum memasuki agenda penilaian, para asesor disambut oleh Rektor Unikom Assoc. Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto, MT., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof. Dr. Hj. Aelina Surya, Dra., Wakil Rektor Bidang Pengembangan Inovasi dan Aset sekaligus Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Dr. Ir. Herman S. Soegoto, Dekan Fakultas Desain, Prof. Dr. Yusuf Affendi Djalari, Ketua Prodi Sistem Informasi,  Dr. Marliana Budhiningtyas W, S.Si.,M.Si, dan Kepala Biro Administrasi Unikom, Agus Riyanto, ST., MT di Ruang Rektor Unikom Lantai 15 Smart Building Unikom.

Selanjutnya, proses penilaian dilakukan di Ruang Rapat Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Lantai 7 Smart Building Unikom. Selama proses penilaian yang berlangsung efektif dan lancar, para asesor menyesuaikan dokumen yang tertera pada borang dimana sebelumnya telah dikirimkan melalui SAPTO (Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online) baik borang program studi maupun borang fakultas terkait masing-masing standar, diantaranya 1) Visi, Misi, Tujuan, Sasaran, dan Strategi Pencapaian, 2) Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, dan Penjaminan Mutu; 3) Kemahasiswaan dan Lulusan; 4) Sumber Daya Manusia; 5) Kurikulum Pembelajaran dan Suasana Akademik; 6) Pembiayaan, Sarana, Prasarana, dan ; dan 7) Penelitian, Pelayanan, Pengabdian Masyarakat, dan Kerjasama.

Visitasi akreditasi yang sudah dilakukan ketiga kalinya ini melibatkan para Dosen di lingkungan Prodi, Sekretariat, Mahasiswa juga turut dihadirkan Alumni, dan Pengguna Alumni untuk mengikuti proses wawancara yang dilakukan oleh asesor. Selain itu, asesor juga menilai sarana dan prasarana yang ada di Prodi Sistem Informasi dengan melakukan peninjauan fasilitas seperti Ruang Dosen, Ruang Ketua Program Studi, Ruang Sekretariat, Ruang Kelas, Lab CISCO, Lab Animasi, Perpustakaan, Studio TV Unikom, Ruang Server, Ruang International Program serta sarana dan prasarana lainnya di Prodi Sistem Informasi.

Salah satu keunggulan yang menjadi kekuatan Prodi Sistem Informasi yaitu penelitian dosen, pengabdian masyarakat dosen dan mahasiswa, prestasi dosen dan mahasiswa di tingkat nasional dan internasional, program jejak alumni, serta program internasional beasiswa unggulan yang sudah bekerjasama dengan Youngsan University Korea dan Dong’A University Korea. Program-program tersebut mendapatkan apresiasi dari para asesor.

“…kami sudah melakukan persiapan selama kurang lebih dua tahun untuk menyiapkan penyusunan borang, pengumpulan data, pengumpulan informasi, yang kemudian data serta informasi tersebut diolah dan dianalisis sesuai satandar penilaian borang akreditasi baik dari tim borang fakultas dan program studi dengan tim borang akreditasi yang sudah berusaha maksimal, kami juga memiliki tugas yang cocok dan bisa mempertanggungjawabkan dari tugasnya masing-masing,” ujar Marliana. Karenanya segenap civitas akademika Prodi Sistem Informasi  berharap dan optimis untuk memberikan yang terbaik dengan hasil akreditasi yang terbaik.

Dari penilaian borang yang sudah dilakukan, Prodi Sistem Informasi tetap berbenah, mengevaluasi diri, serta terus berupaya untuk menindaklanjuti masukan dari para asesor. Hal tersebut dimaksudkan sebagai pemetaan dalam berbagai bidang baik visi, misi, tujuan, kurikulum, target lulusan, serta dosen, sehingga menjadikan Prodi Sistem Informasi yang semakin lebih baik. (Direktorat Hms & Pro)

 

Gladi Kotor Persiapan Wisuda Semester Genap Tahun Akademik 2017/2018
Rabu, 26 September 2018
Kostum Karakter Meriahkan Yudisium Program Studi Desain Komunikasi Visual Unikom Semester Genap TA 2017/2018
Rabu, 26 September 2018
H-5 Integelensi Muda
Rabu, 26 September 2018

September 2018