BERITA

Webinar FTIK 2020: Find Your Way to Global Challenge

Senin, 21 Desember 2020 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM -- Melihat perkembangan teknologi dan revolusi industri 4.0, para mahasiswa sebagai agen perubahan dituntut untuk mampu bersaing secara profesional. Hal tersebut dapat dilakukan oleh mahasiswa dengan membentengi diri melalui pengetahuan, teknologi dan informasi agar sanggup bertahan dan berkembang secara profesionalisme, memiliki daya saing, menjalin networking serta menguasai bahasa asing. Bertolak dari hal tersebut yang menjadi dasar Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) melalui Program Studi Teknik Arsitektur Unikom dengan menggelar Webinar FTIK 2020 bertajuk “Find Your Way To Global Challenge”.

Digelar secara online pada Jumat, 11 Desember 2020 pukul 13.00 – 15.00 WIB, kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 505 peserta yang terdiri dari para dosen, mahasiswa, alumni di lingkungan FTIK Unikom serta para profesional dan masyarakat umum yang berasal dari berbagai instansi di Indonesia. Instansi tersebut diantaranya berasal dari Aceh, Kalimantan, Palembang, Malang, Batam, Cirebon, Makassar, Yogyakarta, Surabaya, Depok, Bandung, Jakarta, Surakarta, Karawang dan lainnya. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Program Studi Teknik Arsitektur Unikom, Dr. Salmon Priaji Martana, M.T., dan para dosen di lingkungan prodi Teknik Arsitektur Unikom yang menyambut serta mendukung positif berjalannya webinar tersebut.

Dr. Salmon Priaji Martana, M.T., menuturkan bahwa melalui seminar bulanan yang digulirkan dandidukung oleh program studi lainnya di lingkungan FTIK Unikom, mahasiswa diajak untuk memaknai proses mengglobal dari individu dalam menyikapi tantangan yang sudah ada di depan mata. “Menjadi mahasiswa Unikom pada dasarnya bukan lagi berpikir kedaerahan, regional belaka namun juga harus memiliki wawasan  global. Pembicara dalam Seminar Find Your Way to Global Challenge tersebut membagikan pengalamannya menempuh pergaulan akademik di Eropa dan Amerika dengan harapan sivitas akademika Unikom dapat memetik manfaat sehingga mengembangkan diri untuk mencapai hal lebih dalam memajukan diri dan Unikom khususnya.” tuturnya.

Berjalannya agenda inti dalam kegiatan tersebut dipandu oleh Nova Chandra Aditya, S.T., M.T., selaku moderator yang mengantarkan pembicara yakni Ilhamdaniah Saleh, S.T., M.T., M.Sc., Ph.D. selaku Dosen Departemen Pendidikan Teknik Arsitektur UPI Bandung. Dalam kesempatan tersebut, Ilhamdaniah menyampaikan beberapa langkah yang harus dilakukan dalam proses perjuangan mencapai cita-cita dan menghadapi tantangan global, diantaranya: 1) Membuat parameter penilaian terhadap diri sendiri, 2) Menentukan strategi dalam pencapaian, motivasi dan semangat yang tinggi meskipun tidak punya “modal”, 3) Memanfaatkan waktu dan kesempatan dengan sebaik-baiknya, 4) Menikmati setiap lika-likunya, dan 5) Tetap beribadah serta berdoa.

“Pantang menyerah dan semangat yang kuat dalam diri menjadi modal utama untuk terus maju dan menemukan jalan untuk tantangan menghadapi global. Di era pandemic seperti saat ini, gunakan waktu untuk tetap belajar, karena terbukanya pengetahuan didapatkan dengan banyaknya kesempatan untuk belajar. Selain itu, kombinasi antara hardskill dan softskill sangat penting dalam menghadapi tantangan global saat ini.” ujar Ilhamdaniah. (Direktorat Hms & Pro)

Informasi Perpanjangan Pelaksanaan WFO dilingkungan Unikom mulai Tanggal 11 - 23 Januari 2021
Sabtu, 09 Januari 2021
Pelatihan Mendelay Online 2021
Kamis, 07 Januari 2021
Perpanjangan Registrasi Pendaftaran Program Bangkit 2021
Kamis, 07 Januari 2021