Penjaminan Mutu

Dr. Siti Kurnia Rahayu S.E. M.Ak., Ak, CA

Assalamualaikum Warahmatullohiwabarakatuh

Suatu pendidikan tinggi yang bermutu, merupakan pendidikan tinggi yang dapat menghasilkan lulusan yang mampu secara aktif mengembangkan potensinya dan menghasilkan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara, untuk mendapatkan pendidikan tinggi yang bermutu tersebut dibutuhkan komitmen bersama bagi segenap unsur yang terlibat, oleh karena itu diperlukan penjaminan mutu di dalam suatu Universitas.

Universitas Komputer Indonesia memiliki Sistem Penjaminan Mutu Internal yang bernama Direktorat Quality Assurance, begitupun dengan Fakultas dan Program Studi memiliki Sistem Penjaminan Mutu Internal yang bernama Sistem Penjaminan Mutu Fakultas dan Sistem Penjamin Mutu Program yang terangkum dalam eSPMI. Sistem Penjaminan Mutu Internal di Universitas Komputer Indonesia sudah diimplementasikan sejak tahun 2009, yang kemudian mengalami revisi-1 di awal Tahun 2016 dengan dimilikinya 10 Standar Penjaminan Mutu Internal dan dalam rangka mengembangkan mutu sesuai dengan Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015, maka Universitas Komputer Indonesia melalui Direktorat Quality Assurance melakukan revisi ke 2 di tahun 2017 untuk mengimplementasilkan 45 Standar Nasional Sistem Penjaminan Mutu Internal dan terus berlanjut dilakukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas SPMI.

Pengimplementasian Sistem Penjaminan Mutu Internal ini hendaknya dijalankan secara konsisten dan bertanggungjawab oleh seluruh civitas akademika dan tenaga kependidikan Universitas Komputer Indonesia dengan mengacu kepada Kebijakan Sistem Penjaminan Mutu Internal, Manual Sistem Penjaminan Mutu Internal, Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Formulir Sistem Penjaminan Mutu Internal. Demikian sambutan ini disampaikan atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Salam Mutu,
Direktur Quality Assurance