BERITA

Aplikasi ‘Comrades’ Divisi Codelabs Unikom Kantongi Juara di Hackathon Alcatel-Lucent Enterprise 2018

Rabu, 24 Oktober 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Salah satu hasil riset Divisi CodeLabs Unikom yakni “Comrades” kembali mendulang prestasi sebagai runner up di Kompetisi Hackathon Alcatel-Lucent Enterprise (ALE) 2018. Kompetisi yang dibuka sejak 3 Mei 2018, memasuki tahap akhir pada 19-21 September 2018 di Le Meridien Hotel, Jakarta setelah selama kurang lebih 4 bulan, terkumpul 183 proposal aplikasi berbasis platform Rainbow untuk selanjutnya dilakukan penyeleksian ke tahap kualifikasi, semifinal, hingga babak final.

Menurut Tioreza Febrian, Menteri Bidang Kompetisi CodeLabs Unikom yang saat itu bertandang ke Jakarta bersama Fikri Adriansa Yudha dan Adam Ibrahim Aji, menyebutkan kompetisi kali pertama yang diikutinya ini berhasil membawa “Comrades” menjadi salah satu dari 35 tim yang melaju ke tahap akhir atau final stage di Jakarta. Secara otomatis, ke-20 tim teratas bergabung dengan Komunitas Pengembang Internasional ALE.

Terdapat lima sektor dalam kompetisi ini, yaitu: 1) Pemerintahan; 2) Kesehatan; 3) Perhotelan; 4) Pendidikan; dan 5) Trasportasi, dengan cakupan kompetisi bersifat umum sehingga para peserta yang mengikutinya heterogen dari kategori mahasiswa hingga startup profesional. Adapun aplikasi “Comrades” sendiri merupakan aplikasi cerdas sebagai media edukasi dan informasi mengenai HIV/AIDS dengan konten berupa berita, artikel dan event yang dikemas dalam SMS Gateway, Aplikasi Comrade, dan juga Website sekaligus sebagai media konsultasi bagi masyarakat dan ODHA (Orang dengan HIV/AIDS) untuk berkonsultasi tentang HIV/AIDS dengan orang yang kompeten dibidang HIV/AIDS yaitu Sahabat ODHA, penyampai dukungan positif dari tweet Masyarakat dan sticker yang dikirimkan oleh Sahabat ODHA dan sebagai pengingat terapi ARV bagi ODHA.

Seperti dilansir dari liputan6.com, program ini merupakan sebuah inisiatif yang menantang para pengembang untuk membuat aplikasi yang dapat menghubungkan manusia, bisnis dan perusahaan, di mana menjawab tantangan di 5 sektor tersebut. “Kami sangat puas dengan pelaksanaan ALE Hackathon yang pertama ini. Antusiasme para komunitas developer lokal dari seluruh Indonesia yang mengikuti kegiatan ini membuktikan bahwa potensi para generasi muda dalam mengembangkan aplikasi masih sangat besar," jelas Adios Purnama, Country Manager ALE Indonesia yang juga mewakili juri.

Atas pencapaian yang diraih, Tim Comrades dari Divisi CodeLabs Unikom dibawah bimbingan Adam Mukharil Bachtiar, S.Kom.,M.T (Ketua Divisi CodeLabs) berkesempatan mendapatkan Rainbow Coaching Clinic dari Tim ALE Indonesia selama 3 hari di Jakarta yang direncanakan berlangsung pada November 2018 mendatang, sejumlah uang tunai, serta aplikasi Comrades ditampilkan di website ALE Indonesia & International Play store dan dinyatakan memenuhi syarat untuk pasar ALE Rainbow CPaaS di industri terkait. (Direktorat Hms & Pro)

 

Prodi Komputerisasi Akuntansi (KA) Unikom Ajarkan “Internet Sehat” di Lingkungan Pondok Pesantren Sukamiskin Bandung
Sabtu, 16 Februari 2019
Prodi Ilmu Pemerintahan Unikom Ajak Mahasiswa Menilik Penerapan IT di Lingkungan Pemerintahan
Jumat, 15 Februari 2019
SuitMedia Internship Program - SuitSchool 2019
Jumat, 15 Februari 2019