BERITA

Basic Leadership Training: Membentuk Karakter Kepemimpinan

Rabu, 09 Januari 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Kecerdasan berpikir, kepekaan terhadap dunia sosial dan politik serta kepemimpinan menjadi salah satu hal dasar yang harus dimiliki mahasiswa sebagai agen perubahan. Atas dasar itulah Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Unikom mengadakan Basic Leadership Training dengan tema “Membentuk Karakter Kepemimpinan yang Memiliki Daya Saing Sebagai Agen Perubahan”. Kegiatan yang berlangsung pada 5-6 Januari 2019 bertempat di Sekolah Alam Bandung, Jl. Cikalapa II no.4 Kampung Tanggulan Dago Pojok Kota Bandung 40135 dan diikut oleh 17 orang peserta Kader Hima Ilmu Pemerintahan Unikom.

Bekerja sama dengan Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan Dr. Nia Karniawati S.IP., M.Si dan Dosen Kemahasiswaan Program Studi Ilmu Pemerintahan Tatik Rohmawati S.IP., M.Si., Dody Alfres selaku Ketua Pelaksana mengatakan kegiatan leadership ini akhirnya kembali dapat terlaksana di tahun 2019 mengingat terakhir kali kegiatan serupa dilaksanakan tahun 2014. Adapun tujuan kegiatan ini untuk mendorong potensi kepemimpinan di kalangan mahasiswa. “....kami ingin menjadikan kegiatan leadership sebagai sarana yang memberikan tuntunan dan meningkatkan pola pikir, sikap dan perilaku, kepribadian, budi pekerti, sopan santun dan disiplin, sehingga dari sinilah kami berupaya emberikan kesempatan belajar bagi peserta latihan dasar kepemimpinan mahasiwa bagaimana menjadi pemimpin yang bertanggung jawab dan memiliki moral baik. “ Ujar Dody.

Serangkaian kegiatan yang diawali dengan apel, kemudian diisi penyampaian materi, sharing, senam dan upacara penutupan yang diikuti oleh seluruh peserta serta panitia. Kegiatan materi diisi dengan lima bidang materi yang diagendakan, yaitu (1) Konstitusi (Harissudin Hakiki), (2) Kepemimpinan Manajemen Organisasi (Dody Alfares), (3) Sejarah HIMA IP (Indra Gunawan Wibiksana), (4) Mission (Sergio Omar Sansini), dan (5) Problem Solving (Albert Januar Christian).

Melalui kegiatan ini diharapkan para peserta dapat mengimplementasikan pengetahuan dan pengalamannya selama mengikuti Basic Leadership Training. Sehingga bibit-bibit pemimpin yang bertanggung jawab, amanah, dispilin, dan peka terhadap dunia sosial serta politik dapat dimiliki oleh mahasiswa khususnya para kader Hima Ilmu Pemerintahan Unikom. (Direktorat Hms & Pro)

Info Rekrutmen Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom Angkatan VII
Senin, 18 Februari 2019
Sadaya Unikom Raih Juara I Festival Paduan Angklung XVI ITB
Senin, 18 Februari 2019
Prodi Komputerisasi Akuntansi (KA) Unikom Ajarkan “Internet Sehat” di Lingkungan Pondok Pesantren Sukamiskin Bandung
Sabtu, 16 Februari 2019