Berita

Direktorat Humas Dan Protokoler Gelar Silaturahmi Dalam Rangka Pembubaran Panitia Dan Wisuda Unikom Tahun Akademik 2022-2023

BANDUNG, UNIKOM – Bagi umat Islam, menjaga silaturahmi adalah salah satu amalan yang mulia dan wajib dilaksanakan. Banyak ayat Al Qur’an dan hadits yang memerintahkan umat Islam untuk menyambung tali silaturahmi di antara sesama manusia. Adapun kata “silaturahmi” itu sendiri berasal dari katan Ar-Rahm/Rham, dalam bahasa Indonesia dibaca “rahmi”, mengandung makna yang luas terkait kasih sayang terhadap keluarga, teman, dan sesama. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa menginginkan untuk diluaskan rezekinya serta diundur ajalnya, hendaklah ia bersilaturahmi”.

Adapun istilah munggahan berasal dari kata “munggah” atau “unggah” yang berarti naik atau meningkat. Munggah mengandung makna perihal perubahan ke arah yang lebih baik. Tradisi munggahan sangat lekat dan masih dipertahankan sebagai tradisi menjelang Ramadhan bagi masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa Barat sampai sekarang. Masyarakat meyakini tradisi munggahan ditujukan untuk menggugah semangat umat yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas iman dengan menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Jum’at, 8 Maret 2024, Direktorat Humas dan Protokoler UNIKOM menggelar kegiatan Pembubaran Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dan Wisuda UNIKOM Tahun Akademik 2022-2023, yang dibalut dalam suasana silaturahmi dan munggahan yang penuh kekeluargaan, bertempat di Café D’pakar, Jl. Sekejolang - Dago Atas, Bandung.

Direktur Humas dan Protokoler UNIKOM, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si., CICS., yang juga bertindak selaku Penanggungjawab Kegiatan PMB dan Wisuda UNIKOM TA 2022-2023, mengawali sambutannya dengan mengucap syukur alhamdulillah atas terlaksananya kegiatan silaturahmi sekaligus pembubaran panitia PMB dan Wisuda UNIKOM Tahun Akademik 2022-2023 di tengah padatnya aktivitas Bapak Ibu Dosen, Karyawan, dan mahasiswa. Meskipun ada yang berhalangan hadir, tetapi 90% dari tim yang turut terlibat dalam kepanitiaan telah hadir di hari Jum’at yang penuh berkah. Pada akhir sambutannya, ia berpesan kepada Tim Protokoler UNIKOM agar dapat tetap solid, kompak, dan tetap berpikir positif. Dibalik kepadatan berbagai aktivitas masih bisa berkontribusi kepada sivitas akademika UNIKOM melalui dirhumpro di dalam memberikan pelayanan kepada seluruh sivitas akademika UNIKOM merupakan suatu kesempatan yang sangat baik untuk dimanfaatkan. Artinya dapat memberi nilai positif, dimana bisa bermanfaat untuk banyak orang. “Saya sebagai penanggungjawab yang diberikan amanah dalam pelaksanaan kegiatan PMB dan Wisuda yang lalu, menyampaikan terimakasih banyak kepada seluruh dosen, karyawan, dan mahasiswa yang tergabung dalam Tim Protokoler UNIKOM. Kompak selalu, tetap solid, dan harmonis”, demikian pungkasnya.

Sambutan selanjutnya sekaligus Pembubaran Panitia PMB dan Wisuda UNIKOM TA 2022-2023 secara resmi, disampaikan oleh Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya dan Kerjasama sekaligus Pembina Protokoler UNIKOM, Assoc. Prof. Dr. Agus Riyanto, S.T., M.T. CSBA. Dalam kesempatan tersebut, Dr. Agus menyampaikan atas nama pimpinan UNIKOM mengucapkan terimakasih atas kerja keras seluruh panitia dari masing-masing tim di bawah kepemimpinan Dr. Desayu, Bapak Ibu serta rekan-rekan semua demi menyukseskan semua acara yang ada. Serta memohon maaf karena berbagai kesibukan maka pelaksanaan pembubaran panitia baru dapat dilaksanakan. Semoga apa yang sudah dilakukan melalui kerjasama dan kebersamaan selama ini yang sudah dilakukan untuk UNIKOM mendapatkan pahala. Selanjutnya ia menuturkan, tidak terasa beberapa hari lagi kita akan melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. “Mudah-mudahan kita semua dapat melaksanakan ibadah shaum dengan baik, dan diberikan kondisi kesehatan yang mendukung”, harapnya. Selain itu, ia pun berharap agar acara silaturahmi dan munggahan seperti saat itu dapat menjadi agenda rutin untuk meningkatkan tali silaturahmi dan kekompakan sesama Tim Protokoler yang ada di UNIKOM. “Kekompakan itu muncul karena kita merasa bersaudara. Tentunya seluruh sivitas akademika UNIKOM yang tergabung dalam Tim Protokoler UNIKOM adalah satu keluarga, sehingga semua aktivitas yang dilaksanakan bisa berjalan baik dan lancar karena kekompakan diantara kita”, tuturnya.

Agenda Kegiatan dilanjutkan pembacaan do’a oleh Aria Rajasa, S.T., M.T., dilanjutkan ramah tamah dan  foto bersama guna dokumentasi. (Direktorat Hms & Pro).