BANDUNG, UNIKOM – Bertolak dari budaya PIQIE yakni Proffesionalisme, Integrity, Quality, Information Technology dan Excellent menjadi acuan dasar UNIKOM untuk dapat memberikan performa maksimal kepada seluruh pihak internal dan eksternal UNIKOM. Salah satunya melalui Direktorat Quality Assurance yang dipimpin oleh Dr. Ely Suhayati, S.E., M.Si., Ak. CA., dengan menggelar Pelatihan Tenaga Kependidikan : To Be A Professional bertajuk “Secretary Challenges in The Present”.
Digelar pada Rabu, 28 Oktober 2020, kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak ±54orang para sekretariat program studi, sekretariat fakultas, staf PMB Admission serta staf Student Admission di lingkungan UNIKOM. Mengawali kegiatan, Dr. Ely Suhayati, S.E., M.Si., Ak. CA., menyampaikan bahwa pelatihan tersebut digelar dari adanya hasil SIPKM, meskipun hasil kuisioner tersebut menunjukan hasil yang baik namun pelatihan tersebut tetap digelar sebagai upaya pengembangan wawasan para sekretariat khususnya dalam bidang komunikasi. “Sehingga diharapkan para sekretariat sebagai garda terdepan pelayanan kepada mahasiswa dapat memberikan pelayanan yang optimal dan maksimal, tentunya menjadi sekretariat terbaik di masa kini hingga masa depan.” ujar Ely.
Meski di tahun ini digelar secara online melalui aplikasi Zoom, kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan kali ketiga ini secara resmi kegiatan dibuka oleh Dr. Ir. Herman S, MBA., selaku Wakil Rektor III Bidang Inovasi, Pengembangan, Aset dan Kerjasama UNIKOM yang menuturkan ucapan terima kasih atas kinerja terbaik para sekretariat yang telah melayani mahasiswa. Menurutnya, tentu pada kesempatan tersebut menjadi sarana mengembangkan wawasan untuk bagaimana menjadi seorang sekretaris yang profesional dan memberikan pelayanan terbaik untuk kolega juga UNIKOM khususnya.
Memasuki agenda inti, para sekretariat mendapatkan materi pelatihan dari Dr. Desayu Eka Surya, M.Si., CICS selaku Direktur Humas dan Protokoler UNIKOM sekaligus sebagai dosen tetap program studi Ilmu Komunikasi. Dalam pengarahannya Desayu memaparkan bahwa Peran Sekretaris yang berkaitan dengan fungsi-fungsi klerikal dan administrasi semakin mengecil, serta tergantikan oleh peran-peran manajerial dalam bidang 1) Pemrosesan Informasi, 2) Pengelolaan Waktu, 3) Komunikasi dan 4) Human Relation. Menurut Desayu, keempat hal tersebut menuntut kemampuan berpikir, kematangan emosi, interpersonal skill, dimana didukung oleh penampilan yang profesional dari seorang sekretaris.
Lebih lanjut, Desayu menjelaskan bahwa menjadi sekretaris yang profesional harus memiliki dua kompetensi diantaranya hard competence yakni kemampuan pengetahuan dan soft competence yaitu konsep diri, tingkah laku, serta motivasi. Selain itu, demi menjawab tantangan di masa depan maka seorang sekretaris pun dituntut harus bisa menjadi sekretaris yang cerdas yang memiliki kemampuan 5B (Brain - Otak, Beauty - Kecantikan, Behavior – Tingkah Laku, Belief - Kepercayaan, dan Brave - Berani). Paparan Pelatihan pada hari itu dilengkapi dengan sesi tanya jawab, Desayu pun memberikan apresiasi kepada peserta yang bertanya dengan memberikan buku karyanya bersama Dr. Rismawaty yang launching pada bulan Agustus 2020 dengan judul "Komunikasi dan Kepribadian" buku yang ada relevansinya dengan materi yang disampaikan.
Sebagai tanda cinta kasih, melengkapi rangkaian kegiatan tersebut Direktorat Quality Assurance UNIKOM memberikan reward kepada beberapa sekretariat terpilih yang telah memberikan dedikasi terbaik dalam pelayanan kepada mahasiswa. Penghargaan tersebut terbagi atas tiga kategori berdasarkan cakupan prodi dengan jumlah mahasiswanya, antara lain : 1) Kategori Prodi Besar : Neri Fajarwati, S.IP. (Prodi Sistem Informasi & Manajemen Informatika), Lela Karlina, A.Md. (Prodi Sistem Informasi & Manajemen Informatika), Roby Irawan, S.Kom. (Prodi Teknik Informatika), dan Karina Octora Fauzia S.Ikom. (Prodi Manajeman). 2) Prodi Kecil: Irena Anggraeni (Prodi Teknik Elektro), Lasmanah, S.E. (Prodi Komputerisasi Akuntansi), Rangga Nova Permana, S.Kom. (Prodi Magister Sistem Informasi), Allis Lisnawati, A.Md. (Prodi Teknik Sipil) dan Siti Aisyah, S.IP. (Prodi Teknik Arsitektur). Selain sekretariat, rewards pun diberikan kepada Bagian Student Admision (Keuangan) Frika Puspita Sari, S.H., Bagian Student Admision (Akademik) Lisna Purwanti, A.Md., dan Bagian PMB Admision Susriyani Permadi, S.E. (Direktorat Hms & Pro)