BANDUNG, UNIKOM – Standar Operasional Prosedur (SOP) sangat diperlukan untuk menciptakan keteraturan dalam pelaksanaan tugas-tugas organisasi dan pelayanan publik. Selain memberikan kemudahan bagi pengguna jasa pelayanan, SOP juga akan memberikan kepastian hukum bagi pegawai dalam setiap pelaksanaan tugas mereka. Untuk itu melalui Direktorat Biro Administrasi Umum dan Kerjasama Unikom menggelar kegiatan Sosialisai SOP Kerjasama di lingkungan Unikom. Pada 18 Agustus 2021 Pukul 13.00 WIB melalui Zoom Meeting.
Turut hadir Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya dan Kerjasama Assoc. Prof. Dr. Agus Riyanto, S.T., M.T, dan Para Dekan, Para Direktur, Para Kaprodi, Para Kadiv Serta Ketua UPT di lingkungan Unikom. Kegiatan tersebut juga mengundang sebagai narasumber yaitu, Direktur Biro Administrasi Umum dan Kerjasama Unikom Dr. Adeh Ratna Komala, S.E., M.Si. Direktur Hubungan Internasional, Dr. Inta Budi Setya Nusa, S.E., M.Ak. Direktur Kolaborasi Lembaga Dr. Nina Kurnia Hikmawati, S.E., M.M.
Assoc. Prof. Dr. Agus Riyanto, S.T., M.T. memberikan sambutan sekaligus membuka acara pada kesempatan tersebut mengatakan meski disituasi pandemic Covid-19 Level 4 di Bandung, tetapi tidak menurunkan semangat kita untuk selalu bekinerja terutama di lingkungan Unikom. Dengan harapan bahwa kerjasama yang dilakukan itu terorganisir, tersusun dengan baik dan rapih khusunya untuk arsip Unikom. Kerjasama itu sendiri tentunya bertujaun untuk menguntungkan kedua belah pihak atau pihak yang melakukan kerjasama. Didalam kerjasama tersebut terdapat MoA atau Nota Kesepahaman ini kita tertibkan mulai saat ini, yang menandatangani adalah Rektor untuk level Universitas dan untuk Para Dekan dilevel Fakultas, untuk MoA sendiri bisa di tandatangani oleh Dekan. Jika MoU ditingkat Fakultas MoA bisa dilakukan ditingkat Program Studi atau Direktorat dan Bidang kerja yang terkait.”pungkasnya
Lebih lanjut, Agus menjelaskan untuk kerjasama yang bersifat Internasional bisa menghubungi Direktur Hubungan Internasional, dan untuk kerjasama yang bersifat nasional dapat menghubungi Direktur Biro Administrasi Umum dan Kerjasama. Setiap kerjasama yang dilakukan tentu terdapat alat ukur tentang kepuasan dari mitra yang bekerjasama hal tersebut perlu diingat kembali sehubungan dengan proses Akreditasi kita kedepan. Bentuknya harus ada kuisioner tentang kepuasan dari mitra yang melakukan kerjasama”ucap Agus dalam sambutan
Memasuki acara inti, Dr. Adeh Ratna Komala, S.E., M.Si. sebagai pemateri pertama menjelaskan mengenai 1) Buku Pedoman Kerjasama Unikom (Permendikbud No 14 tahun 2014 Tentang Kerjasama Perguruan Tinggi), 2) Alur sederhana Standar Operasional Prosedur (SOP) kerjasama Universitas Komputer Indonesia (Unikom), 3) Kerjasama Versi MBKM di Unikom. Sebelum menutup paparan nya Adeh menyampaikan rangkuman dan saran nya diantaranya 1) Adanya koordinator kerjasama minimal di tingkat Fakultas untuk memudahkan koordinasi dengan BAU & Kerjasama terkait pendokumentasian bukti implementasi kerjasama di UNIKOM 2) PIC kerjasama adalah penjaring mitra atau para pelaksana kerjasama di UNIKOM dengan tahapan berkoordinasi dengan BAU & Kerjasama 3) Apabila perlu bantuan terkait pembuatan/kelengkapan dokumen MoU silahkan menghubungi Direktur BAU & Kerjasama.”ungkap Adeh
Dr. Inta Budi Setya Nusa, S.E., M.Ak. menyampaikan sebagai pemateri kedua Utama Tupoksi Direktorat Hubungan Internasioan Bertanggung jawab untuk melakukan koordinasi dan menangani hal-hal yang terkait dengan jejaring internasional, termasuk mahasiswa, kerjasama internasional. Baik kerjasama internasional dalam bidang pendidikan, industri ataupun lainnya dosen ataupun peneliti internasional dan penanganan pendukung tupoksi 1. melakukan misiatif, menjembatani kerjnsarmE internasional Meningkatkan kepercayaan yang baik dari parine 2. mendorong serta mengelola progm abilitas mahasiswa dan staf.”pungkasnya
Dr. Nina Kurnia Hikmawati, S.E., M.M. mengatakan Kegiatan dari Direktorat Kolaborasi Lembaga diantaranya 1) Kegiatan Kerjasama, 2) Kegiatan Awareness, 3) Kegiatan Administrasi. Adapun tugas sebagai Tupoksi dari Kolaborasi Lembaga yakni 1) Optimalkan Link Kerjasama, 2) Enpowering SDM Unikom, 3) Adanya Value Kedua Belah Pihak, 4) Tuition Fee & Non Tuition Fee, 5) Swot, 6) Pemetaan Kegiatan (Perencanaan, Implementasi/ Enpowering, Koordinasi/ Monitoring, Review.)”tandasanya
Sebelum mengakhiri acara, dilakukan foto bersama guna mengabadikan kegiatan tersebut yang dipandu langsung oleh Agung Nugraha, S.I.Kom selaku MC. Semoga dengan dilakukan Sosialisasi SOP Kerjasama dilingkungan Unikom kedepannya kerjasama akan lebih baik, arsip kerjasama tersusun dengan rapih, terimplementasi dan terpantau oleh Direktur Biro Administrasi Umum dan Kerjasama Unikom. (Direktorat Hms & Pro)