Berita

Dirgahayu Ke-22 Tahun : “Unikom Kampus Berprestasi”

BANDUNG, UNIKOM – Seiring berjalannya waktu, tepatnya Hari ini Senin 8 Agustus 2022 Universitas Komputer Indonesia (Unikom) telah berusia 22 tahun.  Sejak Keluarnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor 126/D/0/2000 pada tanggal 8 Agustus 2000 Yayasan Science dan Teknologi, Unikom mengayunkan langkah pastinya untuk turut mendukung pemerintah Negara Indonesia melahirkan generasi akademisi sebagai generasi penerus bangsa.  22 Tahun berjuang Tidaklah semudah membalikkan telapak tangan sepak terjang yang dilakukan dan suka duka  yang dihadapi oleh Unikom dicatat sebagai tantangan (Challenges) dan peluang (Opportunity) guna pengembangan dan mengimplementasikan sistem pendidikan tinggi Modern berdasarkan budaya UNIKOM yaitu PIQIE (Professionalism, Integrity, Quality, IT, Excellence).

Unikom Mendidik dan membentuk Mahasiswa/I nya, sebagai calon Ilmuan yang   berbasiskan pada Software (Perangkat Lunak), Hardware (Perangkat Keras), Animasi Multimedia, dan Entrepreneurship (Kewirausahaan) yang didasarkan atas prinsip Efisiensi, Efektifitas, dan Produktifitas. Visinya menjadi Universitas terkemuka dibidang Teknologi Informasi, berwawasan Global, berjiwa Entrepreneur dan menjadi Pusat Unggulan di bidang IPTEK ditujukan untuk menghasilkan SDM Unggul sesuai bidang studi pilihan. Masih diusia remaja ini pula Kualitas Pendidikan UNIKOM teruji melalui raihan berbagai Prestasi yang ditunjukkan oleh para mahasiswanya baik dikancah Regional, Nasional dan Internasional.

Sebanyak angka usianya, 22 Tahun sudah Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) mengabdi dirinya pada bangsa Indoensia ini, khususnya pada Jawa barat, sesuai Tridharma Perguruan Tinggi. Banyak sekali perjuangan yang dilakukan oleh Perintis dan Pendiri Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T bersama Sivitas akademikanya. Sebagai pendiri, Eddy sekaligus menjadi Rektor yang dikenal sebagai salah seorang enterpreneur Indonesia yang berhasil, pengalamannya, ilmu dan strateginya telah ditulisnya dalam buku enterpreneur dengan Best Seller yang dapat di temui di toko buku terkemuka di kota – kota di seluruh Indonesia, untuk dapat dibaca oleh para calon enterpreneur-enterpreneur muda lainnya. Mengulas tentang perjuangannya. Eddy Soeryanto Soegoto, diawali dengan mendirikan kursus Lembaga Pendidikan Komputer Indonesia - German (LPKIG) dengan mengontrak sebuah ruangan seluas 100 m2 dengan cicilan pinjaman dari teman - teman selama satu tahun, Ruang kursus itu tanpa kursi/komputer/laboratorium. Setelah mempunyai 100 orang siswa, Eddy yang merangkap instruktur bersama beberapa teman, dapat membeli alat - alat kursus. LPKIG merupakan Embiro UNIKOM yang berdiri pada 8 Agustus 2000 yang berlokasi di JI. Dipati Ukur 102-118, Bandung.

Gaung nama Unikom, semakin kedengaran nyaring sejak tahun 2007, dimana Tim Divisi Robotika UNIKOM memenangkan Juara-1 Nasional Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI), dan kembali meraih Juara-1 Nasional KRCI pada tahun 2008, serta mempertahankan gelar Juara-1 Nasional KRCI tahun 2009 maka DIKTI kemudian mengutus UNIKOM sebagai wakil satu-satunya Perguruan Tinggi Indonesia untuk berkompetisi di tingkat Dunia pada Robogames di Fort Mason, USA. Dalam kompetisi ini Robot DU-114 dalam Firefighting Autonomous Robot berhasil meraih Medali Emas, demikian juga Robot Next-116 sehingga Presiden SBY memberikan Penghargaan Satya Lencana Wira Karya. Prestasi Dunia ini kemudian dipertahankan oleh Divisi Robotika UNIKOM pada tahun 2010 hingga tahun 2016. Berkat prestasi ini UNIKOM kemudian diidentikkan orang sebagai Kampus Robot. Pada bulan Juni 2016 Rektor menginstruksikan untuk membuat Icon Robot UNIKOM dan pada tanggal 11 September 2017 bertepatan dengan penerimaan mahasiswa baru diluncurkanlah Launching 3 Robot Icon UNIKOM, yakni Robot Bima, Nakula dan Sadewa.

Para mahasiswa UNIKOM dari Divisi Roket juga memperlihatkan kualitas pendidikan di UNIKOM melalui ajang kompetisi Roket Nasional dengan 9 kali meraih Juara-1 Roket pada tahun 2009 hingga tahun 2017. Bahkan pada tahun 2014 meraih Juara Umum Roket dengan raihan 7 Medali pada Kompetisi Muatan Roket Indonesia (KOMURINDO) dan Kompetisi Muatan Balon Atmosfer Indonesia (KOMBAT) yang berlangsung di Yogyakarta. Juara Umum ini kembali diraih oleh para mahasiswa UNIKOM pada tahun 2017 ketika berhasil membawa pulang 6 Medali dari kompetisi yang diadakan pada 22 – 25 Agustus di Pameumpeuk, Garut. Tidak hanya mengembangkan kompetensi dari sisi akademik, kampus yang dikenal ‘langganan juara’ pun memberikan kebebasan dan membuka kesempatan yang luas pada mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya sampai saat ini prestasi unikom dalam berbagai bidang terus ikut serta mengharumkan nama Indonesia.

Tahun demi tahun, di hari kelahirannya, Unikom menerima Ucapan dari kolega, relasi, mitra kerja dan masyarakat binaan terus mengalir, selain memberikan Ucapan selamat dan Iringan do’a pun terus mengalir agar Unikom senantiasa diridhoi Allah SWT untuk terus berjuang menjadi kampus terbaik di tanah Air guna membangun generasi enterpreneur yang berprestasi dan kemampuan menggunakan aplikasi teknologi informasi dalam berbagai bidang ilmu untuk turut mengabdi membangun generasi Penerus Bangsa Di Indonesia hingga mancanegara.

Setiap hari Kelahirannya, termasuk di usianya ke 22 tahun,  Eddy tidak pernah lupa mengucapakan “Terima kasih kepada Para Pimpinan, para Dosen, para Karyawan & Segenap Sivitas Akademika UNIKOM atas Peran Sertanya dalam Membangun,  Mengembangkan & Memajukan UNIKOM. Semoga Allah SWT selalu Memberkahi Langkah Kita dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa & Menghasilkan SDM Bermutu. Aamiin YRA” (Senin, 8 agsustus 2022)

Pencapaian prestasi Unikom di usianya ke-22 sangat di syukuri oleh seluruh sivitas akademika unikom, sangat membanggakan dan luar biasa, termasuk perkembangan dan kemajuan serta peningkatan kualitas sarana dan prasarana yang semakin mendukung kenyamanan belajar mahasiswa. Menjulang tinggi gedung 17 Lantai, dengan dominasi kaca dan fasilitas lift untuk para dosen dan mahasiswanya, juga dilengkapi fasilitas media informasi dan komunikasi  merepresentasikan bagaimana perjuangan Eddy selama ini yang dimulai dari nol. Kini di usia 22 Tahun Unikom senantiasa menjadi kampus yang menghasilkan Lulusan yang unggul dibidang Teknologi Informasi & Komunikasi, Kompeten dan Handal di Bidang Studinya, berjiwa Entrepreneur, Santun dan Berbudi Luhur, Memiliki Komitmen untuk memajukan Bangsa dan Negara serta Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Pemeringkat ranking Dunia, Webometrics & 4ICU (For International College and Universities) dalam rilisnya di bulan Juli 2022 menempatkan UNIKOM pada Top 100 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia 2022. UNIKOM dengan 7 Fakultas dan 28 Program Studi jenjang Magister, Sarjana, dan Diploma-3 saat ini memiliki sekitar 15.000 mahasiswa yang berasal dari seluruh provinsi di tanah air serta mahasiswa asing dari berbagai negara, diantaranya, Ethiopia, Kazakhstan, Papua New Guinea, Polandia, Romania, Thailand, Timor Leste, Ukraina, Zimbabwe, Pakistan, Afghanistan, Arab Saudi, Korea dan Libya.  Jayalah selalu Unikom, dengan mimipi terindah untuk Bangsa Indonesia tercinta. Dirgahayu ke 22 tahun Unikom kampus Berprestasi, jangan pernah lelah, mengembangkan sayapmu, langkahkanlah kakimu, nyalakan cahaya baktimu dan tebarkanlah senyuman indahmu sebagai Kampus Penebar Ilmu kepada siapapun yang menghampirimu (Direktorat Hms & Pro)