BERITA

Hima Sistem Informasi Ajak Mahasiswa Menilik Mata Uang Kripto

Sabtu, 06 Oktober 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Seminar “Inovasi Teknologi Bitcoin & Blockchain dalam Aset Digital” dengan tema “Bitcoin di Era Digital” telah sukses terselenggara oleh Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (Hima SI) Unikom dengan hampir 150 peserta memadati area Auditorium Miracle Unikom, Sabtu (29/9). Seminar ini menghadirkan sejumlah pembicara kompeten, yakni Bapak Onno W. Purbo (Pakar Teknologi Informasi Indonesia) dan Sdri. Debora Ginting (Community/Marketing Luno), yang memaparkan tata cara penggunaan Bitcoin lengkap dengan manfaat dan solusi teknologi Bitcoin dalam keamanan bertransaksi.

Tema bitcoin sendiri tengah hangat diperbincangan terutama di dunia finansial teknologi. Kemunculan pertamanya di tahun 2009 sebagai salah satu mata uang kripto (cryptocurrency), saat itu masih bernilai rendah. Bitcoin menjadi mata uang yang beredar tanpa diatur oleh bank sentral tertentu, tidak dibekingi emas, dan tidak pula dinaungi oleh negara tertentu. Meski masih menuai pro dan kontra khususnya terkait legalitas, bitcoin sendiri dinilai memiliki sejumlah keuntungan.

“…sebut saja beberapa keuntungannya yaitu bitcoin dapat diperoleh tanpa menukarnya dengan uang asli, nilai harga bitcoin memiliki stadar internasional sehingga nilainya sama dimanapun, waktu transfer yang sangat cepat, dan bitcoin tidak dimiliki oleh suatu perusahaan tertentu,” ujar Kresna Dwiyana selaku Ketua Pelaksana.

Sebagai agenda rutin yang digelar Hima SI Unikom, maka setiap pelaksanaannya selalu mengusung tema aktual yang tengah booming di masyarakat. Seperti kegiatan ini, Hima SI Unikom berupaya untuk memberikan edukasi dan update wawasan seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi. “…semoga wawasan para peserta semakin terbuka untuk mengatahui teknologi mata uang digital, regulasi atau legalitas mata uang digital tersebut di Indonesia, dan dapat mengimplementasikannya ke hal yang positif,” pungkas Kresna. (Direktorat Hms & Pro)

Kolaborasikan Perencanaan dan Aspek Digital Ala Prodi PWK Unikom
Sabtu, 15 Desember 2018
Unikom Siap Berpartisipasi Hantam Hoaks Bersama ‘Jabar Saber Hoaks’
Sabtu, 15 Desember 2018
Bronze Medal AICTA 2018 Berhasil Diraih Tim Sellution Project Unikom
Jumat, 14 Desember 2018

Februari 2019