BERITA

HMIF Unikom: Membangun Karakter dan Maksimalkan Potensi Mahasiswa

Jumat, 27 Juli 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Bertempat di Auditorium Miracle Unikom, Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMIF) Unikom mengadakan “Seminar Pendidikan Karakter” dengan tema “Knowing Yourself, Improve Your Character and Find Your Power”, Sabtu (21/7). Seminar yang diikuti 197 mahasiswa Prodi IF Unikom secara resmi dibuka oleh Ketua Program Studi IF, Irawan Afrianto, S.T.,M.T, juga dihadiri oleh Hanhan Maulana S.Kom. M.Kom. selaku Dosen Pembina Kemahasiswaan HMIF.

Menurut Calvin Budi Santosa selaku Ketua Pelaksana, kegiatan rutin yang digagas kali ini secara khusus difokuskan untuk mengenalkan peran, tanggung jawab, dan arti seorang mahasiswa. “Kami melihat kenyataan yang di lapangan dimana masih banyak diantara mereka yang belum memahami nilai-nilai dari seorang mahasiswa, bagaimana seharusnya menjadi mahasiswa karena sejatinya potensi mahasiswa sangat besar, sehingga disayangkan jika mereka tidak mencerminkan nilai-nilai yang seharusnya,” tuturnya.

Guna mendongkrak potensi diri yang tersebut, hadir sebagai pemateri Bapak Ulum A Saif yang memperkenalkan cara pembentukan karakter secara bertahap, mulai dari membentuk karakter dalam kehidupan sehari-hari, hingga cara menyesuaikan visi dan budaya organisasi Unikom agar bisa diterapkan di lingkungan mahasiswa baru. “Kami ingin memberikan experimental learning kepada peserta agar mereka bisa menerapkan langsung materi yang disampaikan sekaligus mengenalkan tujuan dan visi perguruan tinggi kepada mahasiswa tingkat satu,” ungkap Calvin

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa pada hakikatnya sebagai manusia kita dituntut untuk selalu belajar, dalam dan dengan bentuk apapun. “…menyandang status sebagai ‘mahasiswa’, ada makna tersendiri dalam kata tersebut seiring dengan tuntutan yang diemban pada diri mahasiswa, berbeda dengan seorang siswa maupun masyarakat lainnya, sehingga melalui kegiatan ini diharapkan dapat membangun pola pikir mahasiswa yang sesungguhnya dibarengi penguatan karakter untuk memaksimalkan potensi diri sebagai manusia, dengan mendongkrak produktivitas dan menjadi mahasiswa yang aktif, kritis, cerdas, dan inovatif,” tambahnya.

 

Akhir dari kegiatan tersebut, agenda diisi dengan pengenalan HMIF Unikom yang disampaikan oleh Ketua HMIF, Diaz Cahya Kasih, serta memperkenalkan masing-masing divisi yang ada di dalamnya oleh setiap Ketua Divisi agar para mahasiswa bisa lebih mengenal himpunannya sendiri yang menjadi wadah organisasi di setiap program studi. (Direktorat Hms & Pro)

KPM Unikom Ajarkan Keikhlasan Dengan Cara Menyenangkan
Sabtu, 25 Mei 2019
Sidang Istimewa MPM: Sosialisasi Perubahan Birokrasi Parlemen ke Pemira
Jumat, 24 Mei 2019
Kajian Muslimah: Tingkatkan Kualitas Ibadah Puasa dan Perluas Wawasan Keagamaan
Kamis, 23 Mei 2019