Berita

Implementasi Aplikasi Penjadwalan Kuliah di Program Studi Teknik Komputer Universitas Komputer Indonesia

BANDUNG, UNIKOM - Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu kewajiban tridharma perguruan tinggi yang harus dilaksanakan oleh setiap dosen. Pada tahun 2022 ini tim pengabdian yang terdiri dari Dr. Wartika, S.Kom, MT, Syahrul Mauluddin, S.Kom, M.Kom dan Neri Fajarwati, S.IP dari Program Studi Manajemen Informatika, UNIKOM; Muhamad Nawawi, S.Kom, M.Kom  dari Program Studi Teknik Informatika, Universitas Wanita Internasional; serta Rangga Sidik, S.Kom, M.Kom, M.Eng., Rani Puspita Dhaniawaty, S.Kom, M.Kom., Mia Fitriawati, S.Kom, M.Kom, dan Rafli Eka Purnama Sopian dari Program Studi Sistem Informasi, UNIKOM,  telah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berupa implementasi aplikasi penjadwalan kuliah di program studi Teknik Komputer Universitas Komputer Indonesia. Pada Senin, (11/7/22) Pelatihan di Lab 7010.

Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi bahwa proses penjadwalan kuliah di program studi teknik komputer Universitas Komputer Indonesia masih menggunakan cara konvensional dan pembuatan dokumen penjadwalan kuliah tersebut menggunakan aplikasi excel. Dokumen penjadwalan yang harus dibuat cukup banyak terdiri dari dokumen jadwal kuliah, berita acara tridharma, tugas tridharma, laporan penggunaan ruang dan aktifitas kantor. Dengan cara konvensional proses pengecekan bentrok jadwal dan pengecekan akurasi data pada semua dokumen harus dilakukan satu persatu sehingga proses pembuatan jadwal memerlukan waktu yang lama. Oleh sebab itu, untuk membantu mempermudah dan mempercepat proses penjadwalan kuliah diperlukan implementasi aplikasi sistem penjadwalan kuliah.

Untuk kelancaran implementasi aplikasi sistem penjadwalan kuliah pada tanggal 11 Juli 2022 diadakan pelatihan penggunaan aplikasi sistem penjadwalan kuliah bagi sekretariat program studi Teknik Komputer Universitas Komputer Indonesia. Kegiatan ini dimulai dengan sambutan dan sekaligus pembukaan oleh ketua Program Studi Manajemen Informatika Ibu Dr. Wartika, S.Kom, MT. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua program studi Teknik Komputer, Bpk. John Adler, S.Si., M.Si.

Ketua PKM Syahrul Mauluddin, S.Kom, M.Kom mengatakan “Alhamdulillah kegiatan PKM berupa implementasi aplikasi sistem penjadwalan kuliah berjalan lancar, peserta pelatihan dapat mengikuti pelatihan dengan sangat baik dan dapat menyelesaikan beberapa latihan yang diberikan sesuai dengan yang diharapkan. Kegiatan pada PKM ini adalah pelatihan penggunaan aplikasi sistem penjadwalan kuliah dan pendampingan proses penjadwalan kuliah semester ganjil 2022/2023.”ungkapnya

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan sekretariat mampu secara mandiri dalam mempersiapkan penjadwalan kuliah di setiap semester baru, dapat melakukan proses penjadwalan kuliah dan sampai pencetakan dokumen penjadwalan kuliah melalui aplikasi. (Direktorat Hms & Pro)