BERITA

Kontribusi Dosen Unikom Tingkatkan Kompetensi Lulusan Smk

Sabtu, 24 Februari 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Dosen Unikom atas nama Iskandar Ikbal, ST.,M.Kom (Program Studi Teknik Informatika) dan Angga Friyanto, S.Kom (Program Studi Sistem Informasi dan Ketua Divisi Cisco Unikom) terlibat sebagai penguji eksternal pada gelaran ‘Uji Kompetensi Kejuruan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al-Husna Cisalak Kabupaten Subang’, Kamis (22/2). Sejumlah 17 siswa/I kelas tiga yang mengikuti uji kompetensi, adalah mereka yang tengah memperjuangkan kelulusan melalui berbagai rangkaian ujian yang harus ditempuhnya.

Bertempat di sekolah tersebut, pelaksanaan uji kompetensi menggunakan soal dari Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BNSP) yang terdiri atas empat paket soal terkait Network Administrator. Para siswa/I mulai diuji dari media jaringan seperti kabel, dilanjutkan pada proses pengaturan perangkat, tahap pengujian perangkat tersebut hingga masuk pada diskusi tanya jawab antara peserta ujian dengan para penguji baik internal dari pihak sekolah maupun eksternal.

Saat dihubungi seusai kegiatan tersebut, Angga menuturkan bahwa pihaknya menyambut baik kegiatan seperti ini karena sebagai insan akademis penting untuk berkontribusi dalam dunia pendidikan, tidak hanya lingkup perguruan tinggi tetapi terlibat dalam membantu meningkatkan kompetensi lulusan siswa di sekolah menengah salah satunya SMK.  Beliau pun menambahkan bahwa keikutsertaannya pada kegiatan serupa bukanlah kali pertama, karena sebelumnya Angga pernah terlibat sebagai asesor untuk melakukan pengujian di beberapa tempat lainnya.

Seperti dilansir dari psmk.kemdikbud.go.id, bahwa Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah bagian dari intervensi Pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan SMK. UKK terdiri dari Ujian Praktik Kejuruan yang umumnya diselenggarakan sebelum pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Teori Kejuruan yang merupakan bagian dari rangkaian pelaksanaan Ujian Nasional. Setelah melalui rangkaian uji kompetensi, para siswa/I SMK Al-Husna Cisalak Kabupaten Subang pun memperoleh pengumuman sebagai hasil pencapaian kompetensi mereka sesuai keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK.  (Direktorat Hms & Pro)

Belajar Bahasa dan Budaya Jepang di Japan Corner Perpustakaan Unikom
Rabu, 19 Juni 2019
Unikom Awali Aktivitas dengan Kegiatan Halal Bihalal 1440 H
Selasa, 18 Juni 2019
Open House Idul Fitri 1440 H: Pererat Tali Silaturahim antar Civitas Akademika Unikom
Senin, 17 Juni 2019