Berita

KSR PMI Unikom Gelar Gebyar Aksi Donor Darah “Let’s Survive this Pandemic and Pass it Together”

BANDUNG, UNIKOM – Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan. Sebagai bagian dari Penyelenggara Kepalangmerahan dan Perhimpunan Nasional Kepalangmerahan di Indonesia, PMI merupakan salah satu anggota dari komponen Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah. PMI bekerja atas asas perikemanusiaan dan atas dasar sukarela dengan tidak membeda-bedakan bangsa, golongan, dan paham politik serta menjunjung 7 (tujuh) prinsip dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah yakni : Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan, dan Kesemestaan.

KSR PMI UNIKOM telah menggelar berbagai kegiatan untuk memperingati hari jadi PMI (Palang Merah Indonesia) yang jatuh pada tanggal 3 September. Rangkaian yang terbagi menjadi beberapa acara diantaranya Design poster competition, acara lomba desain poster yang berlangsung dari tanggal 10 agustus s/d 18 agustus 2021, berisikan ajakan kepada masyarakat untuk donor darah dimasa pandemi, diikuti oleh berbagai kalangan & instansi seperti mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum dari berbagai provinsi di indonesia. Dilanjutkan dengan acara webinar donor darah yang dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2021, berisikan tentang fakta donor darah dan donor plasma konvalesen di masa pandemi yang bertujuan untuk mengedukasi peserta webinar mulai dari teknis donor plasma konvalesen dan manfaat yang didapat oleh tubuh setelah melakukan donor darah. Rangkaian acara ditutup dengan aksi donor darah yang digelar pada tanggal 04 s/d 05 September 2021 di Markas PMI kota Bandung.

Acara Gebyar Donor Darah ke 47, pada 4-5 September 2021 di Lt. 2 Palang Merah Indonesia Bandung. Acara dengan tema “Lest Survive This Pandemic And Pass It Together” dimaksudkan untuk mengajak masyarakat agar mendonorkan darah nya, mengingat di masa pandemi ini persediaan darah di unit transfusi darah PMI kota bandung yang semakin menipis, dikarenakan masyarakat belum tahu bahwa donor darah aman dilakukan disaat pandemi. Kegiatan tersebut juga merupakan aksi nyata dari peserta untuk membantu sesama bagi orang yang membutuhkan darah.

Pembina KSR PMI UNIKOM Erna susilawati, SS. MM mengatakan harapannya “setelah dilaksanakan kegiatan ini, KSR PMI UNIKOM dapat terus melaksanakan kegiatan aksi donor darah secara berkala sehingga masyarakat maupun sivitas akademika UNIKOM semakin teredukasi dan semakin aktif mendonorkan darah nya secara rutin dan bisa membantu untuk penyediaan stok darah di PMI sebagai aksi nyata untuk peduli terhadap sesama.”ungkapnya

Dandi Komandan KSR PMI UNIKOM berharap untuk kegiatan tersebut, KSR PMI Unikom dapat membangkitkan keinginan para masyarakat, khususnya sivitas akademika Unikom untuk berpartisipasi sebagai pendonor sekaligus mewujudkan satu bentuk kepedulian yang sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan. Selain berbuat baik untuk orang lain, sejatinya donor darah telah memberikan kebaikan bagi para pendonornya karena ada berbagai manfaat untuk kesehatan yang dapat dirasakan.”ucapnya

komitmen untuk melakukan pelayanan terbaik dengan respon cepat sesuai SOP juga diterapkan pada setiap kejadian dengan harapan PMI selalu hadir dan semakin dekat dengan masyarakat. Pencetakan relawan yang professional dan berkualitas selalu dilakukan dengan menerapkan metoda dan system yang mengadopsi dari pusat sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (Direktorat Hms & Pro)