BERITA

Kunjungan SMK Grafika Jartinegara: Belajar dari Kampus Terdepan di Bidang IT

Kamis, 03 Januari 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Bertempat di Ruang L.030 Smart Building Unikom, Staf Direkorat Humas dan Protokoler bersama Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom melakukan penyambutan kunjungan dari SMK Grafika Jatinegara yang bertandang ke Unikom pada Kamis (27/12/2018). Kunjungan kali pertama yang dilakukan pihak sekolah dalam rangka mengenal dunia pendidikan tinggi, diikuti 18 siswa/I kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) didampingi 4 guru pendamping.

Seperti diungkapkan Bapak Syukur Diyanto selaku Wakil Kepala Bidang Humas SMK Grafika Jatinegara, pihaknya memilih Unikom sebagai satu-satunya kampus yang dikunjungi karena melihat adanya kesamaan visi. “…ada dua hal yang mendasari kami untuk memilih berkunjung ke Unikom, yang pertama kampus ini turut mengedepankan entrepreneurship atau kewirausahaan sehingga ada kesamaan dengan visi SMK yaitu mencetak generasi yang orientasinya selain pada pendidikan juga bagaimana menjadi seorang wirausaha, dan yang kedua kami melihat perkembangan kampus Unikom begitu pesat sehingga kami para guru dan siswa merasa perlu untuk banyak belajar dari Unikom,” jelasnya.

Syukur menambahkan, keterbatasan akses yang selama ini dialami pihak sekolah terutama dalam bidang teknologi turut mendasari SMK Grafika Jatinegara untuk melakukan kunjungan ke Unikom sebagai kampus yang terkenal di bidang IT. Atas dasar itulah, melalui kunjungan ini diharapkan wawasan para siswa lebih terbuka dan termotivasi melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Kami merasakan ketika para siswa masuk ke SMK, banyak diantara mereka yang masih bingung dalam menentukan bidang atau jurusan apa yang akan mereka tekuni, karena itu sebelum nantinya mereka melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi minimal mereka mendapatkan informasi dari kunjungan kali ini dan bisa memantapkan berbagai jurusan yang sekiranya menarik dan ingin mereka tekuni,” tambah Syukur. Bahkan ia pun berharap bahwa pertemuan ini menjadi awal yang baik untuk kedepannya menjalin kerja sama lebih lanjut antara pihak sekolah dengan Unikom.

Sesuai harapan pihak sekolah untuk mempelajari bidang teknologi di Unikom, hadir dalam kunjungan tersebut Ketua Divisi IT Operational & Network Education, Angga Friyanto, S.Kom dan Ketua Program Studi Teknik Komputer, Dr. Wendi Zarman, M.Si. Melalui pemaparannya, Angga memperkenalkan sejumlah bidang kerja yang dapat ditekuni oleh lulusan TKJ, kompetensi yang perlu digali oleh para lulusan TKJ, hingga peluang yang harus dimanfaatkan para siswa/I yang menggeluti bidang teknologi, yakni LKS atau Lomba Kompetensi Siswa (LKS) dimana Angga pun terlibat di dalamnya sebagai instruktur di tingkat nasional.

Menurut Angga, LKS menjadi ajang pembuktian di kalangan siswa/I SMK mengenai kompetensi yang mereka miliki dan kuasai. Dari LKS ini sangat berpeluang siswa/I tersebut memperoleh sejumlah beasiswa yang seyogyanya dapat dimanfaatkan juga oleh peserta didik di SMK Grafika Jatinegara. Karena itulah, Angga pun menghimbau kepada siswa/I agar lebih bijak dalam menggunakan smartphone yang sebenarnya dapat merkea gunakan sebagai media untuk mengakses informasi bermanfaat seperti LKS ini. “…saat ini sudah era berbasis online, sehingga meski tempat tinggal kita jauh dari Ibukota tetapi bukan menjadi halangan untuk berkembang dan beradaptasi dengan teknologi,” jelasnya,.

Sementara itu, guna lebih mengenal program studi di Unikom Wendi pun menjelaskan beberapa perbedaan prodi di bawah Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Unikom terutama yang seringkali tertukar di kalangan mahasiswa. Prodi Sistem Komputer dan Teknik Komputer menjadi bagian dari perjalanan Unikom karena telah berdiri sejak diresmikannya kampus ini. Program studi yang merupakan turunan dari Teknik Elektro ini, membuka jenjang Strata 1 (Sistem Komputer) dan Diploma III (Teknik Komputer).

“Perbedaan untuk D3 lebih ditekankan pada praktikal atau aspek vokasi dan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi komputer dengan mengkombinasikan hardware dan software, sedangkan S1 difokuskan pada pengembangan sistem komputer itu sendiri untuk menyelesaikan masalah berbasis hardware dan software, adapun Teknik Informatika lebih di dominasi dengan software seperti halnya Prodi Sistem Informasi.,” jelasnya.

Usai pemaparan dan sesi tanya jawab, melengkapi rangkaian kunjungan ke Unikom, para peserta berkesempatan menyaksikan tayangan sekilas tentang Unikom serta tour campus mengunjungi Perpustakaan guna melihat dan mengenal Unikom lebih dekat. Sebagai bentuk kenang-kenangan antara Unikom dengan pihak sekolah, turut dilakukan pertukaran cinderamata dan sesi foto bersama guna dokumentasi. (Direktorat Hms & Pro)

KPM Unikom Ajarkan Keikhlasan Dengan Cara Menyenangkan
Sabtu, 25 Mei 2019
Sidang Istimewa MPM: Sosialisasi Perubahan Birokrasi Parlemen ke Pemira
Jumat, 24 Mei 2019
Kajian Muslimah: Tingkatkan Kualitas Ibadah Puasa dan Perluas Wawasan Keagamaan
Kamis, 23 Mei 2019