Berita

Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional FISIP UNIKOM 2023

BANDUNG, UNIKOM -  Himpunan Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional (HIMA IHI) UNIKOM melalui Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Kabinet Kastara Adhibrata menyelenggarakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional UNIKOM Tahun 2023 dengan mengusung tema “ORTARIKA: Orientasi, Etika, Retorika”.

LDK merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya untuk mahasiswa baru dan bersifat wajib sebagai prasyarat untuk mahasiswa mengikuti sidang akhir. Kegiatan yang diikuti sejumlah 71 mahasiswa Program Studi Ilmu Hubungan Internasional tersebut, berlangsung secara luring selama 3 (tiga) hari, dimulai pada Sabtu, 13 Mei 2023 dan berakhir di hari Senin, 15 Mei 2023.

Rangkaian kegiatan LDK HIMA IHI diawali dengan pemaparan materi di hari pertama yang berlangsung di Kampus UNIKOM, dengan mengusung tema “Retorika dalam Ilmu Hubungan Internasional” yang disampaikan oleh Wim Tohari Danielaldi, S.IP., M.Si., selaku narasumber yang pertama. Disambung dengan materi ke dua dengan tema “Kepemimpinan Manajemen Organisasi (KMO)” yang dijelaskan oleh Dr. Dewi Triwahyuni, S.IP., M.Si. Kegiatan hari pertama dilanjutkan sesi diskusi yang diikuti secara antusias oleh peserta, dan diakhiri dengan games menarik melalui agenda post to post.

Berbeda dengan hari pertama, pelaksanaan LDK HIMA IHI di hari ke dua berlangsung di Ciwangun Indah Camp (CIC) Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan di alam terbuka ini menghadirkan narasumber dari kalangan mahasiswa dan alumni, diantaranya Annisa Shalsabila, Nur Muhamad Bagus Harpiandi, S.IP., Rivaldo Octavianus, S.IP. dan Sri Wahyu Mauludina, S.IP. dengan mengusung tema seputar “Disiplin dan Etika Pemimpin”, serta “Organisasi Sebagai Wahana Pencipta Pemimpin Masa Depan”. Selain menambah pengetahuan dan pemahaman, melalui berbagai materi tersebut, seluruh peserta mampu membentuk karakter, sikap, dan nilai-nilai kepemimpinan yang baik. Kegiatan di hari ke dua dialnjutkan dengan outbound dan sharing session bersama Baqi Zaenulhaq Alfarizi, S.IP., dan diakhiri dengan pemilihan Ketua Angkatan yang berlangsung dengan khidmat.

LDK HIMA IHI 2023 yang dihadiri pula Dosen Pembina Kemahasiswaan Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Henike Primawanti, S.IP., M.I.Pol., ditutup pada hari ke tiga dengan pertunjukan seni antar kelompok peserta. Ketua Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Dr. Dewi Triwahyuni S.IP., M.Si., dalam sambutannya menyampaikan seluruh materi yang diberikan sepanjang pelaksanaan LDK 2023 sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Dr. Dewi berharap, melalui kegiatan LDK tersebut, peserta bukan hanya mendapatkan tambahan wawasan dan pengetahun saja, tetapi juga Bisa “menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari di kampus maupun dalam dunia kerja di kemudian hari”, pungkasnya.

“Seorang pemimpin adalah pemberi harapan bagi para pengikutnya.” – Napoleon Bonaparte (Direktorat Hms & Pro)