BERITA

Mahasiswa Unikom Dinobatkan Sebagai Duta Bela Negara Provinsi Jawa Barat Dan Siap Melaju ke Tingkat Nasional

Sabtu, 04 Agustus 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Kementrian Pertahanan Republik Indonesia menggelar lomba Parade Cinta Tanah Air dengan tema “Bagaimana Sikap Pemuda Dalam Menangani Penyalahgunaan Narkoba di Indonesia Dengan Rasa Cinta Tanah Air”. Lomba Parade Cinta Tanah Air yang dilaksanakan terdapat 2 tahap penyeleksian, penyeleksian pertama yaitu membuat essay yang berhasil membawa 6 Tim Unikom masuk pada tahap ke dua yaitu mempersentasikan essay dan menampilkan bakat terbaik yang dimiliki untuk bersaing dengan 30 Tim dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seperti ITB, Unpad, UPI, UIN Bandung, dll dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di wilayah Provinsi Jawa Barat.

Lomba yang digelar di Aula Universitas Sangga Buana pukul 08.00-15.00 WIB pada hari Sabtu (28/7), Mahasiswa Unikom sekaligus sebagai Pengurus Korps Protokoler Mahasiswa Unikom berhasil meraih juara 1 (satu) yang diwakili oleh Ade Saparudi dari Program Studi Ilmu Hukum Unikom dan Yusi Aysa dari Program Studi Ilmu Komunikasi Unikom. Tim Unikom lainnya dari Program Studi Akuntansi dan Desain Interior yang berhasil pada posisi 4, 16, 22, 23, dan 24 dari 30 tim.

Selama proses penyeleksian, kedua pemenang (Ade dan Yusi) mengatakan bahwa essay yang mereka presentasikan harus menemukan solusi untuk mencegah narkoba dan pemuda di Negara Indonesia secara umum dan Jawa Barat secara khusus dapat mencintai tanah air. Selanjutnya mereka menambahkan selain presentasi sebagai peserta mereka juga wajib memberikan ide dan gagasan berjiwa entrepreneur, adapun ide yang mereka ajukan pada lomba tersebut yaitu membentuk komunitas anak-anak jalanan yang akan dibina oleh jajaran pemerintah, akademisi, dan kalangan profesi dengan pertimbangan anak jalanan adalah bagian dari generasi masa depan yang juga diprediksi dapat membawa citra bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik. Selain itu, menimbang ungkapan Badan Narkotika Nasional (BNN) tentang sebuah realita bahwa penyalahgunaan narkoba sebagaian besar terjadi pada anak-anak jalanan. Sehingga, Ade dan Yusi optimis dan percaya bahwa gagasan yang dibuatnya akan memberikan berbagai kegiatan positif sesuai dengan minat bakat dari masing-masing anak jalanan tersebut, yang selanjutnya diharapkan hasil karya mereka dapat bernilai positif meningkatkan ekonomi masyarakat sehingga dapat mendukung program pemerintah Provinsi Jawa Barat menjadi young preneur trade centre.

Pada kesempatan tersebut Kepala Kantor Pertahanan Provinsi Jawa Barat, bapak Tjetjep Darmawan menyampaikan bahwa peserta yang meraih juara 1 dinobatkan menjadi Duta Bela Negara Provinsi Jawa Barat 2018 dan berksempatan membawa nama Provinsi Jawa Barat di tingkat nasional yang akan diselenggarakan pada tanggal 17-22 September 2018 mendatang di Hotel Golden Flower Bandung.

Hal ini menjadi kesempatan bagi Tim Unikom untuk menampilkan karya terbaiknya di tingkat nasional, dengan harapan Unikom dapat menjadi yang terbaik pada lomba Parade Cinta Tanah Air tingkat nasional tersebut dan menunjukan bahwa Unikom dapat berkiprah dalam bidang pertahanan nasional sebagai bentuk memajukan kualitas pertahanan bangsa Indonesia. (Direktorat Hms & Pro)

Informasi Test Tulis Ujian Saringan Masuk PMB Gelombang III UNIKOM T.A 2018/2019
Jumat, 17 Agustus 2018
Selamat Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-73 Tahun
Jumat, 17 Agustus 2018
Lomba Vlog 2018, Persembahan Mahasiswa untuk Unikom dan Perpustakaan Unikom
Kamis, 16 Agustus 2018