BERITA

Mahasiswa Unikom Dinobatkan Sebagai Duta ‘Youth Leader in Sustainability’

Jumat, 05 Januari 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Andrian Pramana, mahasiswa Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (IHI) Unikom, sukses terpilih sebagai duta kampanye sustainability dari program pencarian duta “Youth Leader in Sustainability” yang diluncurkan Januari 2017 lalu. Setelah melalui serangkaian kegiatan, mulai dari roadshow, seminar, dan penyeleksian, para peserta wajib menyelesaikan tantangan melalui aplikasi Sustainability Quest serta membuat video ide kampanye sustainability, dimana Andrian berhasil menjadi satu dari tujuh besar finalis yang tersaring.

Para finalis asal Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta, selanjutnya diundang ke Jakarta untuk mengikuti penjurian final, dengan rangakaian kegiatan yakni workshop & mentoring, presentasi ide proposal, dan wawancara. Perjuangan Andrian pun berbuah manis karena pada tahap pengumuman di bulan Juni 2017, dirinya lolos menjadi pemenang dan dinobatkan sebagai duta “Youth Leader in Sustainability” bersama dua peserta lainnya asal Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, menyisihkan 810 peserta kalangan mahasiswa dari 52 universitas di seluruh Indonesia. Pemilihan duta “Youth Leader in Sustainability” didasarkan pada beberapa aspek penilaian, diantaranya komitmen dan keinginan untuk membuat perubahan menuju gaya hidup yang lebih berkelanjutan serta kemampuan mempengaruhi publik melalui program kampanye sustainability yang terukur.

Menyandang gelar sebagai duta, Andrian berkesempatan mengikuti program magang dan terlibat dalam kampanye sustainability selama ± 6 bulan bersama Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), WWF-Indonesia, The Body Shop® dan SINAR MEADOW. Tidak hanya itu, duta terpilih pun memperoleh pembekalan mengenai prinsip-prinsip sustainability, implementasinya, dan mewujudkan ide kampanye sustainability. “…dari beragam latar serta pendidikan, kami akan membawa kampanye serta penjaringan awareness dengan menjaring 10 anak muda kalangan mahasiswa, rentang usia sekitar 18-24 tahun yang berada di Kota Bandung, Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya, untuk bersama-sama merealisasikan ide kampanye sustainability,” ujar Andrian.

Melalui siaran pers yang didistribusikan, bahwa program “Youth Leader in Sustainability” merupakan program pencarian duta yang diadakan RSPO bekerja sama dengan WWF-Indonesia, The Body Shop® dan SINAR MEADOW. Tiur Rumondang, selaku Direktur RSPO Indonesia menuturkan, program tersebut dipercaya dapat menciptakan lebih banyak pemimpin yang bisa membawa dampak positif dalam meningkatkan partisipasi generasi muda untuk lebih peduli menjaga dunia yang berkelanjutan. Bahkan selama magang, para duta dilibatkan secara langsung dalam kampanye WWF yang bersentuhan dengan konsumen, salah satunya ‘Beli yang Baik’, yaitu mengajak konsumen Indonesia untuk membeli produk secara bijak, dengan memperhatikan proses pembuatannya dilakukan secara ramah lingkunagn dan berdampak positif secara sosial.

Pengalaman Andrian sebagai duta “Youth Leader in Sustainability” dengan aktivitasnya dalam mendukung gerakan pelestarian lingkungan dan kegiatan sosial, diharapkan dapat menjadi contoh yang menginspirasi generasi muda lainnya, mengenai peran aktif pemuda di Indonesia dalam mendukung, mempromosikan serta memimpin gerakan sustainability di Indonesia. (Direktorat Hms & Pro, diolah dari berbagai sumber)

Kontribusi Unikom Kurangi Angka Pengangguran di Kota Bandung
Selasa, 16 Oktober 2018
Kampus Bukan Sekedar ‘Agent of Education’
Senin, 15 Oktober 2018
Informasi Lowongan Pekerjaan : Unikom Kreasi Media
Senin, 15 Oktober 2018