BERITA

Medical Centre Unikom Gelar Pemeriksaan Gula Darah Gratis

Jumat, 04 Januari 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Medical Centre Unikom sebagai salah satu unit pendukung kampus yang memberikan fasilitas layanan kesehatan bagi civitas akademika Unikom kali ini mengadakan “Pemeriksaan Gula Darah Gratis” bagi dosen dan karyawan di lingkungan Unikom. Kegiatan yang dilakukan selama tiga hari, sejak Rabu (26/12/2018) hingga Jumat (28/12/2018) telah diikuti lebih dari 80 orang.

Pemeriksaan gula darah merupakan salah satu dari beragam agenda rutin yang diadakan Medical Center Unikom setiap bulannya. Sejumlah kegiatan lainnya yang telah sukses digelar yakni, pemeriksaan gigi gratis bagi mahasiswa dan bulan Oktober 2018 lalu juga dilakukan pemeriksaan gula darah gratis yang ditujukan bagi mahasiswa Unikom.

Seperti dilansir dari medicalogy.com, pemeriksaan gula darah untuk mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh penting dilakukan terlebih bagi mereka yang didiagnosa memiliki riwayat penyakit diabetes atau kencing manis. Namun, pemeriksaan ini juga sangat disarankan pada setiap orang, bukan hanya penderita diabetes saja karena dengan pemeriksaan rutin maka dapat mengantisipasi dan melakukan upaya pencegahan agar terhindar dari penyakit tersebut. 

Sementara itu, hellosehat.com juga menjelaskan bahwa pemeriksaan gula darah memiliki metode dan kadar normal yang berbeda-beda. Pemeriksaan gula darah puasa, mewajibkan pasien tidak konsumsi makan dan minum kurang lebih 8 jam. Biasanya, cek gula darah puasa dilakukan di pagi hari, maka pasien diminta berpuasa sejak tengah malam. Kadar gula darah yang dianggap normal pada pemeriksaan ini yaitu: 1) Normal: di bawah 100 mg/dl; 2) Prediabetes: 100-125 mg/dl; 3) Diabetes: 126 mg/dl atau lebih.

Lebih lanjut juga ada pemeriksaan gula darah 2 jam postprandial (PP) yang merupakan kelanjutan dari tes gula darah puasa. Setelah diperoleh sampel darah setelah puasa, maka pasien diperbolehkan untuk makan dan minum, kemudian selang 2 jam setelah makan maka dilakukan pengambilan sampel darah kembali. Adapun kadar gu;a normalnya, yaitu: 1) Normal: kurang dari 140 mg/dl; 2) Prediabetes: 140-199 mg/dl; dan 3) Diabetes: 200 mg/dl atau lebih. Sedangkan untuk tes gula darah sewaktu bisa dilakukan kapan saja, tanpa syarat sehingga tidak perlu puasa sebelumnya. Namun, pemeriksaan ini biasanya hanya diterapkan pada penderita diabetes saja. Inilah kategori kadar gula darah menurut tes gula darah sewaktu; 1) Normal: di bawah 200 mg/dl; 2) Diabetes: lebih dari 200 mg/dl.

Merujuk pada manfaat yang diperoleh dari pemeriksaan gula darah ini, tentunya civitas akademika Unikom khususnya dosen dan karyawan pun mengapresiasi fasilitas layanan yang diberikan Medical Centre Unikom. Terselenggaranya berbagai kegiatan tersebut merupakan bentuk pelayanan yang diberikan Unikom kepada publik internalnya sekaligus mensosialisasikan bahwa kampus ini mempunyai klinik yang siap memberikan pelayanan terbaik bagi dosen, karyawan, mahasiswa bahkan hingga pimpinan di lingkungan Unikom yang memerlukan bantuan medis. (Direktorat Hms & Pro)

Prodi Komputerisasi Akuntansi (KA) Unikom Ajarkan “Internet Sehat” di Lingkungan Pondok Pesantren Sukamiskin Bandung
Sabtu, 16 Februari 2019
Prodi Ilmu Pemerintahan Unikom Ajak Mahasiswa Menilik Penerapan IT di Lingkungan Pemerintahan
Jumat, 15 Februari 2019
SuitMedia Internship Program - SuitSchool 2019
Jumat, 15 Februari 2019