BERITA

Menilik Konsep Bisnis UMKM di Kota Bandung

Rabu, 02 Mei 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Himpunan Pengusaha Muda Mahasiswa (HIPMA) Unikom mengadakan kegiatan “Field Trip UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)” sebagai media pembelajaran untuk menggali strategi bisnis dari pelaku UMKM dengan mengusung tema “Generasi Muda Kreatif Meraih Sukses dengan Berbisnis”. Kegiatan kali pertama yang digagas oleh Divisi Kewirausahaan HIPMA Unikom, digelar pada Senin (16/4) dengan mengunjungi beberapa UMKM di wilayah Jalan Dipatikukur Bandung, yakni Masakan Padang No MSG, Shinju Ramen, RM Babeh, Bandung Printing, dan RM Pati Lele.

Menurut Archy selaku Ketua HIPMA Unikom, Field Trip UMKM merupakan sarana untuk mempelajari strategi bisnis para pelaku UMKM sehingga memberikan pengalaman lika liku dalam berbisnis yang diharapkan dapat memberikan wawasan baru kepada anggota HIPMA Unikom. “Kami mewawancarai para pelaku UMKM dan mengkolaborasikan hasilnya dengan program sebelumnya yaitu kunjungan perusahaan industri supaya mengetahui perbedaan yang mendasar dari awal merintis usaha hingga ketika usahanya semakin berkembang, kami pun mempelajari strategi bisnis menggunakan analisis yang diterapkan UMKM suapaya lebih memahami strategi yang digunakan secara langsung dalam memulai usaha,” jelasnya.

Selain memanfaatkannya sebagai ajang diskusi melalui sesi wawancara, HIPMA Unikom juga memberikan cinderamata sebagai bentuk apresiasi terhadap pengembangan bisnis masing-masing UMKM. “…semoga dengan diadakannya acara Field Trip UMKM ini dapat menambah pengalaman yang sebelumnya sudah kami peroleh dari kunjungan perusahaan industri dan memperluas wawasan kami dalam melihat peluang usaha yang ada di lingkungan sekitar serta memahami konsep dasar para pengusaha ulung di Kota Bandung,” pungkas Archy. (Direktorat Hms & Pro)

 

KPM Unikom Ajarkan Keikhlasan Dengan Cara Menyenangkan
Sabtu, 25 Mei 2019
Sidang Istimewa MPM: Sosialisasi Perubahan Birokrasi Parlemen ke Pemira
Jumat, 24 Mei 2019
Kajian Muslimah: Tingkatkan Kualitas Ibadah Puasa dan Perluas Wawasan Keagamaan
Kamis, 23 Mei 2019