BERITA

Menumbuhkan Etika Komunikasi Akademik Melalui Webinar “Good Communication Good Solution”

Jumat, 04 Juni 2021 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM – Sebagai makhluk sosial, manusia dalam hidupnya tidak terlepas dari komunikasi. Dalam kehidupan bermasyarakat terdapat suatu sistem yang mengatur tentang tata cara individu-individu atau kelompok dalam bergaul. Etika komunikasi dapat diartikan sebagai norma, nilai, atau ukuran tingkah laku baik dalam kegiatan komunikasi dalam suatu masyarakat. Untuk menumbuhkan hal tersebut maka Program Studi Manajemen Unikom mengadakan Webinar Etika Komunikasi Akademik bertajuk “Good Communication Good Solution” yang diadakan pada 3 Mei 2021 secara daring melalui zoom meeting.

Dr. Linna Ismawati, M,Si. Menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh tim yang telah terlibat dalam kegiatan webinar ini, menurutnya perlu diselenggarakan webinar tersebut karena, “sekarang ini anak – anak muda mengalami degradasi etika yang kadang – kadang berbicara dengan sesame teman, dosen, atau sivitas akademika itu disamakan, melalui webinar tersebut dapat menajdi bekal agar menjadi pribadi yang jauh lebih baik, unggul, sehingga nanti dapat berkompetisi ketika terjun ke masyarakat setelah lulus dari Unikom”ungkapnya

Assoc. Prof. Dr Ely Suhayati, S.E., M.Si., Ak.CA dalam sambutannya menyampaikan dengan tema “Etika Komunikasi Akademik” dapat menjadi solusi yang baik terkadang komunikasi susah dilakukan karena seseorang kadang ragu harus disampaikan atau bagaimana. Dalam berkomunikasi tentunya tidak meninggalkan karakter budaya bangsa indonesia yang tetap menjaga sopan santun, dengan mengedepankan etika, Eli berharap apa yang akan dipaparkan oleh narasumber semoga membawa perubahan, manfaat dan tidak lupa untuk diimplementasikan tidak hanya sekedar mengikuti webinar saja”pungkasnya

Memasuki acara inti, selaku narasumber Trenggono Tri Widodo, ST.,MT. menyampaikan komunikasi efektif adalah komunikasi yang tersampaikan gagasan, pesan dan perasaan dengan cara yang baik. Dalam kontak sosial yang baik menurutnya terdapat lima komponen penting dalam berkomunikasi yakni 1) Pengiriman pesan (Sender), 2) Pesan yang dikirimkan (Message), 3) Bagaimana pesan tersebut dikirimkan (Delivery Channel/media), 4) Penerima pesan (Receiver), 5) Umpan Balik (Feadback). Menurutnya juga terdapat empat keterampilan dasar dalam berkomunikasi yakni 1) Membaca, 2) Menulis, 3) Mendengarkan, dan 4) Berbicara. Dalam berkomunikasi juga terdapat hokum komunikasi “Reach” 1) adanya sikap menghargai 2) Kemampuan dalam mendengarkan 3) Dapat didengarkan dengan dan dimengerti dengan baik 4) Jelas, dan 5) Selalu rendah hati.

Webinar yang berlangsung kurang lebih satu jam tersebut, disambut baik oleh para peserta terbukti dengan tertib mengikuti acara dari mulai hingga sesi tanya jawab. Pertanyaan pun beragam diberikan oleh para mahasiswa kepada narasumber dan acara ditutu dengan foto dokumentasi secara virtual (Direktorat Hms & Pro)

Menyambut Hari Idul Fitri 1442 H Unikom Berbagi Tali Kasih Kepada Teman – Teman Media
Jumat, 11 Juni 2021
Sejarah Perkembangan Hak Kekayaan Intelektual di Indonesia : “Pengelolaan Hak Royalti Musik dan atau Lagu”
Rabu, 09 Juni 2021
Menjalin Keberkahan Silaturahim Melalui Kajian Ta’lim Unikom : Dahsyatnya Sakaratul Maut
Rabu, 09 Juni 2021