Berita

PKM Prodi Ilmu Komunikasi Melalui Seminar Edukasi: “Membangun Rasa Percaya Diri Dalam Public Speaking” Implementasi Mata Kuliah Krisis & Strategi Humas di SMP PGRI 1 Cimahi

BANDUNG, UNIKOM – Di tengah era modern yang dipenuhi komunikasi digital dan pertukaran informasi yang cepat, keterampilan Public Speaking semakin penting. Kemampuan untuk menyampaikan pesan dengan percaya diri dan efektif dapat menjadi kunci kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan, baik itu dalam karir, pendidikan, maupun kehidupan sosial. Namun, sayangnya, banyak individu, termasuk di antaranya remaja dan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), sering mengalami kesulitan dalam mengatasi rasa takut dan kecemasan saat berbicara di depan umum. Fenomena ini seringkali menghambat potensi mereka untuk berkontribusi secara maksimal dalam lingkungan akademik maupun lingkungan sosialnya.

Oleh karena itu, penting untuk mengatasi masalah ini dengan memberikan pendekatan yang holistik dan terintegrasi dalam membantu remaja SMP membangun rasa percaya diri dalam Public Speaking. Dengan memberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya keterampilan Public Speaking dan memperkenalkan strategi serta teknik yang efektif, diharapkan mereka dapat menunjukkan potensi mereka dalam berbicara di depan umum dan mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan masa depan dengan percaya diri dan keyakinan yang tinggi.

Selasa, 13 Februari 2024, sejumlah mahasiswa dan dosen Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNIKOM kembali melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam bentuk Seminar Edukasi Public Speaking di SMP PGRI 1 Cimahi, dengan mengusung tema “Membangun Rasa Percaya Diri Dalam Public Speaking”.

Haifah Azahra, selaku Ketua Pelaksana kegiatan melaporkan, sekira 500 siswa siswi kelas 7, 8, dan 9, dan 62 orang guru mengikuti kegiatan tersebut. Adapun tujuan dari dilaksanakannya kegiatan adalah guna membantu siswa siswi SMP PGRI 1 untuk membangun rasa percaya diri dalam Public Speaking melalui pendekatan yang holistik dan terintegrasi. Ia berharap, kegiatan dapat berjalan lancar dan semoga ilmu yang didapatkan bisa bermanfaat bagi seluruh peserta di dalam menghadapi tantangan komunikasi di masa depan.

Direktur Humas dan Protokoler UNIKOM, Dr. Desayu Eka Surya, M.Si., CICS., yang juga selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Krisis & Strategi Humas, dalam sambutannya menyatakan, kegiatan PKM yang dikemas dalam bentuk Seminar Edukasi tersebut, merupakan bagian dari aplikasi kurikulum MBKM untuk Mata Kuliah Krisis & Strategi Humas, dimana mahasiswa mempraktekkan kegiatan Public Relations, salah satunya yaitu bagaimana mereka turut mengembangkan masyarakat (Community Development) yang berada di luar lingkungan kampus. Pada kegiatan PKM tersebut, mahasiswa ditampilkan sebagai pembicara. Dengan demikian, mahasiswa sekaligus mempraktekkan keterampilan Public Speaking sambil berbagi pengalaman yang bisa bermanfaat bagi siswa siswi SMP PGRI 1 Cimahi dalam upaya meningkatkan percaya diri dalam Public Speaking. “Ketika kita bisa Public Speaking dengan bagus, kita bisa menguasasi dunia”, pungkas Dr. Desayu.

Sementara itu, Ahmad Sidik, S.Pd, selaku Kepala SMP PGRI 1 Cimahi, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan syukur kepada Allah SWT, Alhamdulillah, anak-anak bisa mengikuti kegiatan dalam keadaan sehat. Ia menyambut hangat dan berterimakasih atas kedatangan mahasiswa dan dosen Prodi Ilmu Komunikasi UNIKOM yang membagikan ilmu dan pengalamannya dalam membangun rasa percaya diri untuk meningkatkan keterampilan Public Speaking. Ia berpesan kepada seluruh peserta agar menyimak dengan baik materi dan trik-trik yang disampaikan. “Insya Allah semua materi yang disampaikan akan bermanfaat dan semoga keterampilan kalian akan meningkat lagi”, demikian pesannya.

Kegiatan PKM Seminar Edukasi di SMP PGRI 1 Cimahi dengan tema “Membangun Rasa Percaya Diri Dalam Public Speaking”, dibuka secara resmi oleh Dekan FISIP UNIKOM, Assoc. Prof. Dr. Lilis Puspitawati, S.E., M.Si., Ak. CA. Dalam sambutannya ia menyampaikan terimakasih kepada Kepala Sekolah SMP PGRI 1 Cimahi dan jajarannya yang telah memberi kesempatan kepada mahasiswa dan dosen Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNIKOM untuk melaksanakan kegiatan yang positif bagi siswa dan siswi SMP PGRI 1 Cimahi. Lebih jauh ia menjelaskan, bahwa keterampilan Public Speaking adalah salah satu komponen dasar dalam membangun kompetensi siswa. Dimana siswa siswa bukan hanya pintar dari sisi pengetahuan yang diajarkan gurunya saja, tapi harus memiliki skill dalam berkomunikasi, khususnya Public Speaking. Pada akhir sambutannya, Dr. Lilis menyampaikan “selamat mengikuti kegiatan, semoga dengan mengikuti materi yang disampaikan kakak-kakak mahasiswa UNIKOM, adik-adik semua bisa meningkatkan percaya dirinya dalam berbicara di depan umum”, ujarnya.

Agenda kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Radisti Radianti, mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi yang telah meraih Juara 1 dalam Lomba Public Speaking di Universitas Telkom Bandung. Dalam materinya ia memberikan berbagai tips dan trik di dalam upaya meningkatkan rasa percaya diri dalam kegiatan Public Speaking. Selain itu pengalamannya sebagai announcer di Ardan School menunjukkan kemahirannya dalam mengelola suara dan menggunakan mikrofon dengan efektif. Kombinasi prestasi dan pengalaman yang dimilikinya menjadi bekal berharga dalam memperluas wawasan dan motivasi bagi para peserta untuk meningkatkan percaya diri dalam kegiatan Public Speaking, dan mengugah para peserta untuk aktif dalam sesi tanya jawab.

Turut hadir pada kegiatan PKM tersebut, antara lain Team Teaching Mata Kuliah Krisis dan Strategi Humas, Dr. Ir. Yuni Mogot, M.Si., CPR., serta dosen Prodi Ilmu Komunikasi lainnya, antara lain, Olih Solihin, S.Sos., M.I.Kom., Inggar Prayoga, M.I.Kom., Safutra Rantona, M.I.Kom., beserta mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Semester 7 (tujuh), antara lain, Haifah Azahra, Sherin Amanda, Kania Alma, Radisti Radianti, Irene Khristin, Dayana Havanadeanty, Kurnia Akmal, Aldiva Rizky, dan Stefany Josephine. (Direktorat Hms & Pro).