BERITA

Prodi IF Unikom: Ajarkan Office dan Internet Sehat bagi Kader PKK Wilayah Coblong Kota Bandung

Kamis, 11 April 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Program Studi Teknik Informatika (IF) Unikom menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Ruang 6.012 Lantai 6 Smart Building Unikom, Sabtu (6/4/2019). Peserta kegiatan ini merupakan Kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Wilayah RW 12 Kecamatan Coblong Kota Bandung.

Menurut Irfan Maliki, S.T.,M.T., selaku Ketua Pelaksana, kegiatan pengabdian masyarakat telah menjadi agenda rutin tahunan yang diadakan setiap semester. “…dalam satu tahun, kami melakukan dua kali kegiatan pengabdian sebagai bentuk implementasi Tridharma Perguruan Tinggi dengan melakukan sharing serta mendistribusikan keilmuan yang dimiliki kepada masyarakat,” ujarnya.

Pengabdian masyarakat yang diikuti lebih dari 30 Kader PKK wilayah setempat mengusung tema “Office dan Internet untuk Kader PKK”. Merujuk pada hal tersebut, maka Microsoft Word dan Microsoft Excel menjadi materi pembuka di sesi pertama yang disampaikan oleh salah satu Dosen Prodi IF Unikom, Richi Dwi Agustia, S.Kom.,M.Kom.

Irfan menambahkan, pemilihan tema dan materi tersebut bukan tanpa alasan karena pihaknya bersama jajaran pimpinan dan dosen di Prodi IF Unikom berupaya menyesuaikan keilmuan dengan kebutuhan user, dalam hal ini adalah Kader PKK. “Microsoft Word dan Excel sebagai bagian dari Office kami berikan kepada para peserta dengan harapan ilmu yang disampaikan dapat dimanfaatkan secara maksimal dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari misalnya untuk pembuatan surat menyurat di PKK atau laporan keuangan,” tegasnya.

Lebih lanjut, internet pun jadi materi yang diberikan pada sesi kedua oleh Taryana Suryana, S.T.,M.Kom. Penggunaan internet sehat adalah inti dari materi yang disampaikan supaya para Kader PKK dapat mengoptimalisasi kemajuan teknologi untuk hal-hal bermanfaat yang mempermudah melakukan ativitas sehari-hari.

Selama ini Prodi IF Unikom telah banyak membidik masyarakat di berbagai organisasi dan wilayah guna implementasi pengabdian masyarakat. Targetnya, Prodi IF Unikom berencana menjangkau masyarakat yang lebih luas di luar daerah ataupun luar kota. “…melalui kegiatan inilah kami mendistribusikan ilmu di perguruan tinggi dan manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat, sehingga kami berharap bisa menjangkau masyarakat yang lebih luas dan tentunya membuat masyarakat menjadi semakin cerdas,” pungkas Irfan. (Direktorat Hms & Pro)

Direktorat Kemahasiswaan Unikom Gelar Rapat Penyeleksian Putra Putri Unikom 2019
Kamis, 27 Juni 2019
Kolaborasi Unikom & Kementerian Koperasi dan UKM Kembangkan Inkubator Wirausaha di Kalangan Mahasiswa
Rabu, 26 Juni 2019
Sejumlah Bidang Kerja di Unikom Rapatkan Barisan Jelang Anifestkom 2019
Selasa, 25 Juni 2019