Berita

Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip Unikom Raih Gelar Akreditasi Baik Sekali

BANDUNG, UNIKOM - Akreditasi merupakan salah satu bentuk sistem penjaminan mutu eksternal PT, dan dari akreditasi itu pula PT bisa lebih memacu dirinya serta mengambil peluang untuk meningkatkan mutu perguruan tingginya. Peringkat pengakuan yang diberikan oleh pemerintah pada perguruan tinggi didasarkan atas hasil akreditasi perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh BAN PT, dengan melakukan akreditasi yang meliputi akreditasi lembaga dan akreditasi program studi.

Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 11746/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/X/2021, menyatakan bahwa Program Studi Ilmu Komunikasi, Pada Program Sarjana Universitas Komputer Indonesia, Kota Bandung memenuhi syarat peringkat Akreditasi Baik Sekali, Sejak tanggal 19 Oktober 2021 sampai dengan 15 Mei 2024.

Menanggapi hal tersebut, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unikom Assoc. Prof. Dr. Lilis Puspitawati, SE., M.Si., Ak.CA., mengatakan “Tanggapannya adalah tentunya segenap civitas FISIP UNIKOM sangat bersyukur sekali dan mengucapkan terima kasih yang tiada terhingga kepada Allah yang maha kuasa atas limpahan karunia yang sangat besar kepada Program Studi Ilmu Komunikasi atas perjuangannya untuk  memperoleh akreditas Baik Sekali dari ISK yang diajukan beberapa saat yang lalu. ini merupakan pencapaian yang luar biasa dari Kaprodi, Sekprodi dan tim dosen dalam memperjuangkan penyetaraan akrediatasi melalui pengajuan ISK yang diajukan awal oktober tersebut, Lilis berharap, kedapannya Kaprodi beserta jajarannya tetap semangat dan selalu menjaga kekompakan tim agar meneruskan perjuangan dalam meningkatkan status aktreditasi dari Sangat Baik menjadi Unggul melalui akreditasi 9 standar atau yang dikenal dengan SAPTO”ujar Lilis

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Dr. Melly Maulin P, Sos., M.Si, mengatakan “Diraihnya akreditasi Baik sekali, tentu saja yang pertama Alhamdullilah bersyukur untuk berkah dari Allah SWT. Bahagia dan bangga juga untuk pencapaian ini, karena bagi Kami pribadi/tim ISK bukan hal yang mudah, tantangan untuk pengisian ISK beragam. Semua perlu usaha dan proses belajar. Harapannya, Kami di Prodi dapat meningkatkan predikat akreditasi menjadi unggul. Kami menyadari banyak hal terutama SDM yang harus kami benahi dulu sebelum memulai pelaksanaan pengisian SAPTO. Berharap kerjasa sama yang lebih baik lagi dari civitas akademika Prodi Ilmu Komunikasi dan Unikom sehingga harapan kita semua bisa lebih tercapai.”ucap Melly

Akreditasi itu, merupakan ruh bagi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ataupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Penilaian yang dilakukan dalam proses akreditasi memiliki tujuan ganda, yaitu: 1) Menginformasikan kinerja perguruan tinggi kepada masyarakat. 2) Mengemukakan langkah pembinaan yang perlu ditempuh terutama oleh perguruan tinggi dan pemerintah, serta partisipasi masyarakat. (Direktorat Hms & Pro)