Berita

Program Studi Teknik Informatika Menggelar Kegiatan “Tips for Crafting Scientific Research Papers: “Development of Engineering Research Culture”

BANDUNG, UNIKOM - Pemerintah terus mendorong dosen dan profesor di Tanah Air untuk meneliti dan menghasilkan publikasi internasional. Selain untuk mendorong perguruan tinggi kelas dunia, hal ini juga berfungsi untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta daya saing bangsa. Dosen dituntut mampu menulis artikel pada jurnal yang bereputasi internasional dan terakreditasi dengan baik dan benar. Alasan tersebut tentu tidak sulit dimengerti, karena seorang dosen menjadi key person yang membawa perubahan melalui tupoksi yang dimiliki, dan berbasis pada merubah manusia atau mahasiswa menjadi pemain dalam mengelola negara dan bangsa ini.

Karena dosen adalah seorang pendidik yang profesional dengan tugas utama mengubah, mengembangkan, dan memperluas ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang dimiliki melalui dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, setiap dosen di Indonesia juga mendapatan kesempatan sertifikasi dosen yang dibiayai oleh negara melalui Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN).

Dengan dasar pemikiran tersebut, Program Studi Teknik Informatika menggelar kegiatan Tips for Crafting Scientific Research Papers  dengan tema: “Development of Engineering Research Culture” dengan mengundang sebagai narasumber Prof. H. Hassanpour, PhD Faculty of Computer   Engineering Shahrood University of Technology, Iran dan juga sebagai Editor in Chief for Journal of AI & Data Mining.

Ketua Pelaksana Hanhan Maulana., M.Kom., Ph.D mengatakan bahwa Tujuan dari kegiatan ini adalah agar dosen memahami betapa pentingnya menulis jurnal sebagai poin penting bagi dosen yang menekuni profesi pendidik di perguruan tinggi. Sebagai dosen, aktivitas menulis dan melakukan publikasi ibarat sebuah rutinitas yang dilakukan setiap hari. Menulis jurnal disini mengarah pada jurnal ilmiah, yakni menulis artikel ilmiah yang dipublikasikan ke dalam jurnal. Prosesnya memang tidak mudah apalagi dosen dihadapkan pada kesibukan yang tinggi.  Sekaligus proses publikasi ke jurnal yang penuh dengan syarat, ketentuan, dan prosesnya panjang bisa berbulan-bulan. Dibutuhkan komitmen tinggi untuk produktif menulis jurnal ilmiah. Salah satunya dengan memahami arti penting menulis jurnal tersebut bagi profesinya.”ungkapnya

Seperti yang telah diinformasikan bahwa Sasaran peserta kegiatan ini adalah Dosen dilingkungan Universitas Komputer Indonesia terutama Dosen di Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK), dan mahasiswa tingkat akhir yang sedang melakukan skripsi. Semoga dengan diadakannya kegiatan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan menulis jurnal Ilmiah. (Direktorat Hms & Pro)