Berita

Seminar Forum Komunikasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Jepang Provinsi Jawa Barat : “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Mata Pelajaran Bahasa Jepang”

BANDUNG, UNIKOM – Sastra Jepang merupakan program studi khusus yang mempelajari isi, keaslian, estetika, ciri artistik, dan keindahan isi dalam karya sastra Jepang. Karya tersebut bisa berupa puisi, novel, atau naskah drama.Tak sekadar membaca, jurusan ini juga bakal mengajarkan mahasiswanya menulis dengan huruf Jepang. Huruf Jepang itu meliputi Katakana, Hiragana, Kanji, Romaji, dan Alphabet. Mahasiswa Sastra Jepang juga diwajibkan menguasai percakapan dalam bahasa Jepang. Mereka bakal diajari berbagai hal, mulai dari tata bahasa (bunpou), percakapan (kaiwa), hingga pemahaman mendengar (choukai).

Saat ini, sudah banyak perguruan tinggi dalam negeri yang memiliki program studi Sastra Jepang. Jurusan ini umumnya berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Budaya. Salah satu Universitas yang memiliki program studi sastra jepang yakni Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung dengan akreditasi A.  

Seminar Forum Komunikasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Jepang Provinsi Jawa Barat : “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Mata Pelajaran Bahasa Jepang” telah diselenggarakan di Auditorium Lt 17 Smart Building Unikom pada Sabtu, (13/8/22). Merupakan bentuk Kerjasama MoU antara Fakultas Ilmu Budaya Unikom dengan Forum Komunikasi (MGMP) Bahasa Jepang Provinsi Jawa Barat.

Turut dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya Unikom Assoc. Prof. Dr. Soni Mulyawan Setiana, M.Pd. Ketua MGMP Bahasa Jepang Provinsi Jawa Barat Reffa Noviyanti Djadjuri, S.S. Direktur Biro Administrasi Umum dan Kerjasama Dr. Adeh Ratna Komala, SE., M.Si. Ketua Program Studi Sastra Jepang Unikom Fenny Febrianty, S.S., M.Pd. Ketua Program Studi Sastra Inggris Dr. Retno Purwani Sari, M.Hum.

Assoc. Prof. Dr. Soni Mulyawan Setiana, M.Pd. dalam sambutannya mengatakan “Fakultas Ilmu Budaya UNIKOM sedang bekerja keras untuk menggapai pengakuan publik sebagai fakultas yang berkualitas dalam melaksanakan sistem manajemen mutu menuju worldclass university (WCU). Kualitas di atas adalah kualitas yang berimbang dalam seluruh bidang Tri Darma Perguruan Tinggi, dengan tetap mengedepankan karakter mulia dalam melaksanakannya.

Lebih lanjut Soni mengatakan FIB Unikom menekankan pada kualitas, relevansi, serta kompetensi yang merupakan tiga aspek pendidikan tinggi yang saling berkaitan dan mempunyai kontribusi langsung pada peningkatan daya saing bangsa dalam bidang sumber daya manusia. Oleh karena itu, Kurikulum Program Studi di lingkungan FIB Unikom disusun berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), yakni knowledge, skill, attitude, behaviors, values, dan ethics yang menjadi Outcomes Based Education dalam capaian pembelajaran dan kompetensi. Lulusan FIB Unikom selain dibekali Hard skills dan Soft skills, juga dibekali dengan kemampuan Teknologi Informasi dan Komunikasi , sehingga mampu bersaing di pasar global.

Saat diwawancarai pada Kamis (1/9/22) Fenny Febrianty, S.S., M.Pd. mengatakan bahwa Kegiatan Seminar sangat baik bagi kedua belah pihak Sharing pengalaman dan ilmu terkait pengembangan mutu pendidikan bhs jepang baik di tingkat SMA / SMK atau setingkat maupun PT dengan tujuan Silahturahim pengajar Dosen maupun Guru bahasa Jepang, sharing ilmu dan pengalaman, diseminasi hasil penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Jepang. Fenny juga berharap kegiatan tersebut secara tidak langsung dapat menjadi wadah pengenalan dan promosi prodi SJ Unikom.”ungkapnya

Seminar tersebut juga diisi oleh Narasumber yang begitu berpengalaman dibindangnya diantaranya  Dosen Program Studi Sastra FIB UNIKOM Mohammad Ali, S.Pd., M.A yang memaparkan Anime dan Manga dalam Pembelajaran Bahasa Jepang, kemudian disampaikan juga Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) oleh Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak Asesor BAN S/M Jawa Barat Sylva Sagita, S.Pd., M.Si. dilanjutkan dengan pemaparan tentang Diseminasi Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Mata Pelajaran Bahasa Jepang oleh Guru Bahasa Jepang SMA Islam Terpadu Miftahul Khoir Bandung Hany Agustiani, S.S sebagai penunjang pembelajaran dilakukan juga Sosialisasi Buku Ajar Bahasa Jepang Untuk SMK oleh  R. Bambang Eko Sugihartadi, S.Pd dari PT. Penerbit Erlangga. (Direktorat Hms & Pro)