BERITA

SMK Negeri 1 Denpasar Bertandang Ke Unikom

Sabtu, 10 Agustus 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Universitas Komputer Indonesia (Unikom) melalui Direktorat Humas dan Protokoler menyambut baik kunjungan SMK Negeri 1 Denpasar di Auditorium Lantai 17 Smart Building Unikom, Jumat (9/8/2019). Kunjungan dalam rangka benchmarking yang dilakukan SMK N 1 Denpasar, mengikutsertakan lebih dari 200 siswa kelas XI dari berbagai jurusan, diantaranya Teknik Komputer dan Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik, guna membuka wawasan dan memperluas akses informasi para siswa yang berminat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Hal itulah yang disampaikan Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMK N 1 Denpasar, Dra. Desak Made Rai, M.Pd dalam sambutannya. Bagi Desak, Unikom adalah salah satu perguruan tinggi yang dinilai dapat memberikan banyak pelajaran dan pengalaman bagi siswa. Pihaknya turut memberikan apresiasi atas sambutan luar biasa yang diberikan Unikom. “…kami sebagai tamu layaknya diperlakukan seperti raja dan saya yakin salah satu kiat keberhasilan Unikom adalah menghargai orang lain dan selalu memberikan yang terbaik kepada siapapun,” ujarnya.

Desak menambahkan, melalui kunjungan ini para siswa diharapkan dapat memperoleh berbagai informasi yang tentunya valid karena diperoleh langsung dari sumbernya. Sehingga, pengalaman mereka untuk mengenal dunia perguruan tinggi semakin tergambarkan mengingat pengalaman menjadi salah satu guru terbaik. “…mau untuk belajar dari pengalaman sendiri adalah hal positif, tapi lebih baik lagi jika kita mau untuk belajar dari pengalaman orang lain salah satunya Unikom,” tambahnya.

Merujuk pada hal tersebut, Direktur Humas dan Protokoler Unikom, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos.,M.Si pun menyampaikan penjelasan sekilas tentang Unikom. Kampus yang genap berusia 19 tahun pada 8 Agustus 2019 lalu adalah salah satu perguruan tinggi yang dicanangkan oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) untuk menuju World Class University di tahun 2030 mendatang. Saat ini Unikom  memiliki ± 10.000 mahasiswa yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia bahkan dari beberapa negara melalui Internasional Program di Unikom.

“…hal yang membedakan Unikom dengan perguruan tinggi lainnya adalah dibekalinya para mahasiswa dengan sejumlah mata kuliah wajib, mencakup hardware, software, entrepreneurship, serta animasi dan multimedia sehingga mahasiswa dari berbagai program studi dapat menggali kemampuan dan kreativitas mereka sesuai bidangnya masing-masing,” jelas Desayu. Lebih lanjut, Desayu juga menjelaskan beberapa beasiswa yang dapat dimanfaatkan oleh calon mahasiswa baru ataupun mahasiswa aktif di Unikom.

Melengkapi informasi dari beberapa bidang kerja di Unikom, kunjungan kali ini turut dihadiri Perwakilan Direktur Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (PTSI) Unikom sekaligus sebagai Ketua Divisi CodeLabs, Dian Dharmayanti, S.T.,M.Kom, Perwakilan Ketua Program Studi Teknik Informatika, Alif Finandhita, S.Kom.,M.T, dan Perwakilan Ketua Program Studi Teknik Arsitektur, Tri Widianti Natalia, S.T.,M.T.

Kesempatan tersebut dimanfaatkan Dian untuk memperkenalkan bahwa Unikom memiliki berbagai divisi salah satunya Divisi CodeLabs dibawah naungan Direktur Inovasi dan Kompetisi Unikom. Sejumlah karya mahasiswa CodeLabs yang diciptakan telah banyak meraih penghargaan pada kejuaraan tingkat nasional hingga internasional. Selain itu, melalui Direktorat PTSI senantiasa meningkatkan sistem layanan dan inovasi di Unikom yang mengkolaborasikannya dengan teknologi.

Sementara itu Alif memperkenalkan Program Studi Teknik Informatika (IF) sebagai salah satu program studi dengan student body cukup besar di Unikom. Prodi IF saat ini menggunakan kurikulum tahun 2016 yang merupakan transisi dari KBK ke KKNI dengan total 148 sks yang dapat ditempuh selama 4 tahun masa studi. Beberapa kelompok keilmuan di Prodi IF Unikom adalah: 1) Sistem Informasi; 2) Rekayasa Pengetahuan dan Perangkat Lunak; 3) Jaringan Komputer dan Multimedia; 4) Teknologi Web dan Mobile; dan 5) Ilmu Komputer.

Selanjutnya, Program Studi Teknik Arsitektur yang diwakili oleh Ibu Tri, mempresentsikan beberapa hasil karya mahasiswanya. Program Studi Teknik Arsitektur menjadi salah satu prodi yang telah meraih akreditasi ‘A’ dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Usai pemaparan materi, agenda berlanjut pada sesi diskusi dan tanya jawab. Setelah mengikuti rangkaian kegiatan kunjungan di Unikom, agenda diakhiri dengan tour campus ke berbagai ruangan guna memperkenakan sejumlah fasilitas di Unikom. (Direktorat Hms & Pro)

Selamat Memperingati Ulang Tahun Ke-74 Republik Indonesia
Jumat, 16 Agustus 2019
Jadwal Penyerahan CD Penelitian Semester Genap Tahun Akademik 2018/2019
Jumat, 16 Agustus 2019
Dosen Unikom Gali Wawasan Menjadi Penulis Bersama Elex Media Komputindo
Jumat, 16 Agustus 2019