Berita

Sosialisasi PKM Mata Kuliah Kewirausahaan UNIKOM Semester Ganjil Tahun 2020/2021

BANDUNG, UNIKOM – Koordinator Mata Kuliah Kewirausahaan yang dipimpin oleh Adam Mukharil Bachtiar, S.Kom., M.T., menggelar “Sosialisasi Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) untuk Mata Kuliah Kewirausahaan UNIKOM Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021” pada Selasa, 24 November 2020. Digelar secara online melalui Live Streaming YouTube UNIKOM, kegiatan tersebut dilihat oleh sebanyak 617 penonton yang merupakan mahasiswa mata kuliah kewirausahaan UNIKOM Semester Ganjil TA 2020/2021.

Adam melalui sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut digelar bagi mahasiswa sebagai pengantar untuk menyusun proposal PKM yang baik, terutama bagi mahasiswa yang tidak lolos dalam program Divisi Inkubator Bisnis & KUMKM (INBISKOM) UNIKOM dan program lainnya di mata kuliah kewirausahaan tersebut. “Kami berharap semoga seluruh mahasiswa dapat lulus mengikuti program PKM tersebut sehingga dapat meraih pendanaan dari proposal PKM yang diajukan. Jika ada pertanyaan, mahasiswa dapat mengirimkannya ke email pkm@email.unikom.ac.id” ujarnya.

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Direktur Kemahasiswaan sekaligus Ketua PKM UNIKOM, Andrias Darmayadi, M.Si., Ph.D., yang menuturkan bahwa mata kuliah kewirusahaan di UNIKOM sudah dikombinasi dengan berbagai program salah satunya dengan pembuatan proposal PKM tersebut. “Nantinya jumlah proposal PKM ini akan lebih besar karena akan diikuti oleh seluruh mahasiswa di UNIKOM. Maka, melalui pemaparan materi yang disampaikan dalam kegiatan sosialisasi tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan wawasan terkait pembuatan proposal PKM. Tentunya dalam membuat proposal dibutuhkan ide kreatif sesuai dengan isu yang berkembang saat ini, maka munculkanlah ide-ide terbaik kalian.” ungkapnya.

Memasuki agenda inti, Supriyati, S.E., M.Si., AK.CA., CPI., selaku narasumber menjelaskan materi mengenai “Sosialisasi Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) tahun 2020”, diantaranya: 1) Tujuan PKM, 2) Jenis PKM, 3) Buku Pedoman PKM, 4) Alur Perjalanan 8 Bidang PKM & Muaranya, 5) PKM di Era Pandemi Covid-19, 6) Bentuk Kegiatan & Luaran, 7) Penilaian Proposal Pedoman PKM Tahun 2020, 8) Alasan Perubahan Kegiatan Fisik menjadi Digital-Daring, 9) Alur Tim PKM KWU, dan lainnya.

Lebih lanjut Supriyati mengungkapkan bahwa tujuan PKM tersebut ialah untuk memandu mahasiswa menjadi pribadi yang tahu aturan, taat aturan, kreatif, inovatif, dan objektif kooperatif dalam membangun ke-Bhineka Tunggal Ika-an intelektual. “Maka, kami harapkan melalui program PKM tersebut dapat menumbuhkan ide kreatif dan inovatif mahasiswa sehingga mendukung pengembangan diri sendiri dan UNIKOM.” jelas Supriyati. (Direktorat Hms & Pro)