Berita

SOSIALISASI PROGRAM DOUBLE DEGREE TOMYONG UNIVERSITY DI UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA (UNIKOM) BANDUNG

BANDUNG, UNIKOM - Ilmu pengetahuan, apapun bidang keilmuannya, pada dasarnya saling berhubungan. Dari manapun mereka berasal, dari cabang sosial atau alam, setiap ilmu pengetahuan tentu memiliki sebuah titik dimana mereka saling bersinggungan. Dalam bidang desain visual misalnya. Para desainer kerap membutuhkan wawasan psikologi, demi menciptakan sebuah desain yang dapat diterima oleh banyak orang. Hal ini yang kemudian menjadi salah satu alasan mengapa berbagai perguruan tinggi di dunia merasa perlu memberikan fasilitas kepada pelajar yang berminat untuk menjalankan dua studi sekaligus.

Menurut situs Ristek Dikti, Program kembaran atau double degree adalah penyelenggaraan kegiatan antar perguruan tinggi baik dalam negeri maupun melalui kerjasama antara perguruan tinggi di dalam negeri dengan perguruan tinggi di luar negeri, untuk melaksanakan suatu program studi secara bersama serta saling mengakui lulusannya. Sehingga lulusan dari program ini akan memperoleh gelar ganda dan memiliki kemampuan plus dari program reguler lainnya.

Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung sangat memperhatikan kualitas para mahasiswa dan lulusan nya. Melalui Sosialisasi Program Double Degree dari Tomyong University yang ditujukan Bagi Dosen dan Mahasiswa Program Pascasarjana dan Sarjana pada 17 Mei 2022 bertempat di Ruang L.018 Smart Building Unikom sangat disambut baik oleh sivitas akademika Unikom.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Dean, The Office Of International Affairs Tongmyong University Kweon, Joong-Rak, Invited Prof. For Indonesia Affairs Tongmyong University Prof. Dr. Je, Dae-Sik. M.Pd Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra., SE., M.Si, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Kerjasama Assoc. Prof. Dr. Agus Riyanto, ST., MT. Wakil Rektor Bidang Inovasi, Riset dan Akreditasi sekaligus Dekan FTIK Assoc. Prof. Dr. Ir. Herman S Soegoto, MBA, Dekan Pascasarjana Dr. Rahma Wahdiniwaty, Dra., M.Si., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Assoc. Prof. Dr. Elly Suhayati, SE., M.Si., Ak.CA. Direktur Internasional Program Dr. Inta Budi Setya Nusa, SE., M.Ak. serta Ketua Program Studi dan perwakilan mahasiswa di lingkungan Unikom.

Sosialisasi Program Double Degree disampaikan langsung oleh Dean, The Office Of International Affairs Tongmyong University Kweon, Joong-Rak, yang mengatakan bahwa dengan mengikuti Program Double Degree akan mendapatkan Educational Goal & Vision 1) Creativity Beyond Major 2) Professional Skills 3) Lifelong Learning 4) Worldwide Knowledge 5) Industry-University Cooperation. Banyak penawaran yang diberikan oleh Tongmyong University kepada Unikom.

Menanggapi hal tersebut, . Prof. Dr. Ir. Herman S Soegoto, MBA mengatakan “terima kasih kepada pihak Tongmyong University yang telah menyampaikan program Double Degree untuk mahasiswa Unikom. kami sangat menyambut baik program yang ditawarkan dan menurut saya program tersebut sangatlah baik. Peluang yang baik juga dalam rangka MBKM kedepannya kita akan merasakan bagaimana kita belajar budaya orang lain, banyak hal yang akan didapatkan, saya pernah melihat beberapa dosen Unikom yang studi di Korea dan semangat mereka cukup tinggi.”ungkapnya

Dr. Inta Budi Setya Nusa, SE., M.Ak juga menambahkan bahwa program yang ditwarkan oleh Tongmyong University adalah program Double Degree yang berbasis Bahasa inggris, selain hal tersebut manfaat yang akan didapatkan oleh mahasiswa adalah 1) mahasiswa akan mempunyai pengalaman mengenai budaya korea, 2) mahasiswa dapat lulus tepat waktu, 3) mahasiswa dapat melakukan part time job. 4) mahasiswa yang mengikuti program double degree dibebaskan biaya kuliah di Unikom, 5) program double degree yang ada di Unikom dan Tongmyong University mahasiswa tidak dibebankan membuat skripsi sehingga mahasiswa bisa focus studi dan hanya berlaku di Unikom. Budi berharap, mahasiswa dapat melihat peluang yang baik ini karena dengan demikian mahasiswa punya pengalaman belajar di luar negeri, sehingga dapat bersaing pada level nasional maupun internasional”ungkapnya

Kesempatan untuk menambah ilmu dan wawasan perlu diambil. Dengan meningkatkan kompetensi diri, tentu bisa meningkatkan peluangmu mendapatkan masa depan cerah dan karier cemerlang. Saat ini beberapa perguruan tinggi menyediakan program yang bisa dimanfaatkan calon mahasiswa untuk mempersiapkan masa depannya. Semoga banyak mahasiswa Unikom yang tertarik untuk mengikuti program double degree dari Tongmyong University. (Direktorat Hms & pro)