Berita

Syukuran Unikom Raih Akreditasi Unggul

BANDUNG, UNIKOM -  Senin, 29 Mei 2023 jajaran pimpinan beserta seluruh sivitas akademika UNIKOM telah melaksanakan syukuran atas diraihnya akreditasi unggul untuk UNIKOM dari BAN-PT. Menyusul diterimanya Sertifikat Akreditasi yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 364/SK/BAN-PT/Ak/PT/V/2023 yang menyatakan bahwa Universitas Komputer Indonesia memenuhi syarat peringkat Akreditasi Unggul, yang ditandatangani oleh Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT, Prof. Ari Purbayanto, Ph.D. pada 23 Mei 2023.

Acara diawali dengan pembacaan doa syukur yang dipimpin oleh Agus Nursikuwagus, M.T., M.M. dilanjutkan dengan penayangan video sekilas proses Visitasi Unikom yang berlangsung Jum’at, 12 Mei 2023. Tampak dalam tayangan video rangkaian kegiatan yang telah ditempuh oleh Tim Penyusun Instrumen Akreditasi dibawah pimpinan Assoc. Prof. Dr. Ir. H. Herman S. Soegoto, MBA., selaku Wakil Rektor III Bidang Riset, Inovasi & Akreditasi.

Segala kerja keras, pengorbanan, perjuangan, dan kelelahan seolah terbayar sudah dengan kebahagiaan dan kebanggan yang tergambar pada setiap wajah sivitas akademika yang mengikuti acara dengan khidmat. Dalam sambutannya, Assoc. Prof. Herman menyatakan sangat bersyukur dan terimakasih kepada Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Direktur, Ketua Divisi, Kaprodi, Dosen, dan karyawan semua yang telah bersama-sama membangun universitas, bersama-sama dari waktu ke waktu meningkatkan kinerja universitas dari tahapan baik, kemudian baik sekali, sampai ke terakreditasi unggul saat ini. Pada akhir sambutannya, Assoc. Prof. Herman menyampaikan ucapan terimakasih secara khusus disampaikan kepada Tim Penyusun Instrumen Akreditasi yang telah merumuskan pencapaian universitas dalam dokumen LKPT dan LED, sehingga pada saat dilakukan visitasi para Asesor memberikan pujian dan pada akhirnya UNIKOM bisa terakreditasi unggul. “Apa yang kita capai tidak terlepas dari arahan Bapa Rektor dan kerja keras kita semua”, pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra. S.E., M.Si., mengungkapkan pencapaian AIPT unggul untuk UNIKOM sungguh membanggakan, tentunya atas campur tangan Tuhan dan doa-doa yang dipanjatkan oleh semua pihak, alhamdulillah di usia yang relatif muda, UNIKOM sudah terakreditasi unggul adalah suatu pencapaian yang luas biasa. Prof. Umi berharap “mudah-mudahan, sesuai dengan yang kita harapkan, UNIKOM jaya selamanya”, ujarnya.

Rektor UNIKOM, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T., dalam amanatnya menyatakan bahwa kita sangat berbahagia dengan berbagai pencapaian UNIKOM. Diantaranya dengan bertambahnya Profesor dan Assoc. Prof di lingkungan UNIKOM. Terlebih dengan pencapaian UNIKOM terakreditasi unggul. “Kita sangat berbahagia dengan pencapaian yang telah kita raih. Seluruh sivitas akademika termasuk alumni tentu merasa bangga. Karena semua perguruan tinggi pasti mengidamkan perguruan tingginya unggul”, ungkapnya. Lebih lanjut Prof. Eddy menyampaikan bahwa untuk mencapai tahapan unggul itu adalah sesuatu yang luar biasa. Untuk mencapai kesuksesan, harus menerapkan strategi perang. “Strategi perang tersebut tidak hanya secara data yang harus kita kumpulkan, tetapi juga strategi diplomasi harus kita lakukan”, ujarnya. Ibarat berperang, segala kemampuan sudah dikerahkan di bawah kepemimpinan Assoc. Prof. Herman, dimana para panglimanya sudah menyiapkan segala peluru untuk maju bertempur.Pada akhir amanatnya, Prof. Eddy berpesan bahwa “pencapaian akreditasi unggul, mengantarkan kita untuk lebih mantap lagi di dalam berkreasi dan berinovasi untuk mencapai prestasi”, pungkas Prof. Eddy.

Acara syukuran diakhiri dengan penyerahan penghargaan kepada para Wakil Rektor dan seluruh anggota Tim Penyusun Dokumen Akreditasi yang diserahkan langsung oleh Rektor UNIKOM, didampingi jajaran pimpinan dari Yayasan Science dan Teknologi.

Akreditasi merupakan salah satu bentuk penilaian (evaluasi) kelayakan dan mutu perguruan tinggi atau program studi yang dilakukan oleh organisasi atau badan mandiri di luar perguruan tinggi. Keputusan mengenai kelayakan dan mutu didasarkan pada penilaian terhadap berbagai bukti yang terkait dengan standar yang ditetapkan, berdasarkan nalar, dan pertimbangan para pakar sejawat (judgements of informed experts).

Selain untuk menjaring calon mahasiswa baru, status akreditasi yang baik akan memberikan peluang terjalinnya kemitraan baik dengan institusi lokal maupun mancanegara. Adanya akreditasi juga menjadi motivasi bagi institusi untuk lebih meningkatkan mutu pendidikannya di dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas. Karena, lulusan yang berkualitas tentu akan berpengaruh besar pada penilaian masyarakat umum terhadap perguruan tinggi tersebut.

(Direktorat Hms & Pro).