Berita

The 6TH International Conference on Business, Economics, Social Sciences and Humanities (ICOBEST) 2023

BANDUNG, UNIKOM -  International Conference on Bussines, Social Science, and Humanities (ICOBEST) 2023 sukses diselenggarakan oleh Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung. Konferensi dilakukan selama satu hari dengan metode Hybrid melalui aplikasi virtual Zoom Meeting dan streaming online melalui channel Youtube UNIKOM pada 9 Maret 2023, dengan mengangkat tema "Scientific Framework as Initiator of Change in Post-Pandemic Crisis".

Secara resmi, ICOBEST 2023 dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unikom Assoc. Prof. Dr. Ely Suhayati, SE., M.Si., Ak.CA. dalam sambutannya mengatakan “Acara ini memberikan kesempatan bagi akademisi, peneliti, maupun cendikiawan untuk bisa saling berbagi ide dan bertukar pikiran dengan mempresentasikan penelitian bersama mahasiswa”, ungkapnya. Gelaran ICOBEST 2023 turut mengundang beberapa nara sumber dari berbagai negara, diantaranya  1) Dr. Nikolay Megits (Webster University of United States) 2) Prof. David Ahlstrom (Chinese University of Hong Kong) dan 3) Professor Dr Tan Peck Leong (University Teknologi MARA, Malaysia) yang bergabung secara online. Sementara  4) Dr. Tomas Chochole, Ph.D (University of West Bohemia, Czech Republic) Offline, 5) Dr. Gordana Pasakovic (Yorkville University, Canada) hadir langsung secara offline menyampaikan materinya bersama 6) Dr. Kankan Kasmana, S.Sn., M.Ds (Universitas Komputer Indonesia, Indonesia).

Dr. Poni Sukaesih Kurniati, S.IP., M.,Si. Direktur Jurnal Publikasi Ilmiah Unikom sekaligus sebagai ketua pelaksana mengatakan “Acara ini memberikan kesempatan bagi semua dosen dan mahasiswa untuk berjejaring, berbagi ide, dan mempresentasikan penelitian mereka pada  komunitas dunia. Diskusi  tentang inovasi terbaru, tren, perhatian praktis, dan tantangan bidang ekonomi, bisnis, ilmu sosial, juga humaniora. “ungkapnya

Poni melaporkan Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 250 orang baik akademisi, praktisi maupun mahasiswa dari dalam negeri maupun luar negeri, dengan jumlah paper yang dipresesentasikan sekitar 200 paper hasil penelitian yang telah dinyatakan “acceptep” dari hasil review oleh para reviewer. Scope Icobest 2023 terdiri dari 10 scope. Pada acara Plennary session dilakukan secara hybrid, dimana 3 orang keynote speaker secara online dan 3 orang keynote speaker secara offline. Diskusi plennary dilakukan dalam 2 sesi dengan moderator Bpk. Andrias Darmayadi, S.IP., M.Si., Ph.D. Acara berlangsung dari pukul 08.30-12.30 WIB.”t utur Poni.

Lebih lanjut, pada acara parallel session sekitar 200 paper hasil penelitian yang telah diterima dipresentasikan di 12 ruangan parallel session, yang bertempat di lantai 9, 10, 11 dan 12 Smart Building Unikom.  Acara diskusi ini pun bukan hanya dihadiri oleh para presenter saja, namun partisipan lainnya pun turut aktif terlibat berdiskusi sesuai dengan scope  yang telah ditentukan di setiap ruangan. Adapun pada sesi parallel  dimoderatori oleh 12 orang moderator dan 12 PIC.  Acara parallel session berlangsung dari pukul 13.00-17.00 WIB.

Poni juga mengatakan “Setiap paper yang diterima dan telah dipresentasikan di ICOBEST 2023 memiliki peluang untuk dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi terindeks Scopus (JEECAR, MAR, MAJCAFE),  serta jurnal internasional lainnya . Selain itu pada jurnal nasional terakreditasi Sinta serta Prosiding Icobest terindeks Google Scholar.” tutup Poni.

Semoga Icobest 2023 ini banyak memberikan manfaat, ilmu serta  pengalaman bagi para peserta dalam berbagi hasil penelitian serta meningkatkan jaringan, karena peserta bukan hanya dari dalam negeri saja. Ucapan terima kasih kepada Rektor Unikom atas supportnya juga Wakil Rektor 3 Unikom serta para sivitas akademika Unikom, juga panitia yang telah bekerja keras untuk mensukseskan ICOBEST 2023. (Direktorat Hms & Pro)