Berita

Tiga Tim PKM Prodi Teknik Industri Unikom Berhasil Lolos Seleksi Pendanaan Proposal oleh Kemendikbud RI

BANDUNG, UNIKOM -- Sebanyak tiga tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diketuai oleh mahasiswa dari Program Studi Teknik Industri Universitas Komputer Indonesia (Unikom) berhasil mendapatkan pendanaan proposalnya dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun 2020. Keberhasilan tersebut diraih Unikom melalui pendanaan untuk dua bidang PKM yaitu PKM Bidang Kewirausahaan (PKM-K) sebanyak 2 tim dan PKM Bidang Karsa Cipta (PKM-KC) sebanyak 1 tim.

Kegiatan PKM yang merupakan ajang kompetisi bergengsi tingkat mahasiswa tersebut diselenggarakan sekali setahun sebagai upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. Secara umum tujuan PKM yaitu untuk memandu mahasiswa menjadi pribadi yang tahu dan taat aturan, kreatif, inovatif dan objektif dalam membangun keragaman intelektual.

Pada bidang PKM-K, kedua tim Unikom yang lolos yaitu: 1) Tim Pertama dengan judul proposal ‘Pelet Jentik Nyamuk (Letiknya)’yang diketuai Yusak Santoso mahasiswa Program Studi Teknik Industri, didampingi dua anggota, dengan dosen pembimbing Dr. Henny, ST., MT., serta 2) Tim kedua dengan judul proposal ‘BOKUPIS (Bolu Kulit Pisang)’ yang dipimpin oleh Rio Kevin mahasiswa Program Studi Teknik Industri, didampingi 3 (tiga) anggota, dengan dosen pembimbing Gabriel Sianturi,ST.,MT. Selanjutnya, dalam bidang PKM-KC tim Unikom yang lolos yaitu tim dengan judul proposal ‘DRILL 4.0 (Mesin Bor 4 Fungsi Sebagai Solusi Keterbatasan Alat UMKM Pengrajin Kayu)’ yang diketuai Anggi Abdurahman Fauzi mahasiswa Program Studi Teknik Industri, didampingi 2 anggota, dan di bawah bimbingan dosen pembimbing Alam Santosa,ST., MT.

Menanggapi hal tersebut, kesan positif ditunjukan oleh Ketua Program Studi Teknik Industri Unikom, Dr. Henny, S.T., M.T., yang menyampaikan “Program Studi Teknik Industri Unikom telah membuat sistem PKM tersebut mulai dari penentuan topik, administrasi, dan review internal prodi oleh semua Bapak/Ibu Dosen Teknik Industri sehingga proposal yang masuk seleksi universitas pun sudah sesuai panduan DIKTI. Harapan besar bahwa dengan adanya PKM tersebut akan terbentuk lulusan yang bertanggung jawab, taat pada peraturan dan menjadi kebanggaan institusi, sehingga mudah-mudahan tahun depan kami khususnya dapat meningkatkan jumlah tim yang lolos didanai oleh DIKTI.” ujarnya. (Direktorat Hms & Pro)