Berita

Tujuh Dosen Unikom Ikuti Bimtek PMM 2 Modul Nusantara Batch 6

BANDUNG, UNIKOM – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) menyelenggarakan Bimbingan Teknis Modul Nusantara dan Keuangan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2022 (PMM 2) untuk semua Universitas yang terlibat secara bertahap. PMM 2 sendiri merupakan salah satu program unggulan dari Ditjen Diktiristek. Program ini diwujudkan untuk mahasiswa agar dapat menggunaksan hak belajarnya di luar program studi dan Perguruan Tinggi asal.

Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung telah menerima undangan Bimbingan Teknis Modul Nusantara dan Keuangan Program Pertukaran dari Kemdikbudristek dan telah mengikuti BIMTEK pada hari Selasa s.d Kamis, 21 s.d 23 Juni 2022 dengan daftar peserta sebagai berikut Koordinator PT Assoc. Prof. Dr. Isniar Budiarti, SE., M.Si. Pemangku Keuangan Mari Maryati, SE.,MM. Dosen Modul Nusantara Imelda Pangaribuan, ST., MT. Inggar Prayoga, S.I.Kom., M.I.Kom. Sylvia Octa Putri, S.IP., M.I.Pol. Mia Rahmawati Yuwita, S.Hum., M.App.Ling., Dony Waluya Firdaus, SE., M.Si.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Pengembangan Akademik dan Sumber Data Pembelajaran Unikom Assoc. Prof. Dr. Isniar Budiarti, SE., M.Si. mengatakan PMM 2 MBKM 2022 peserta BIMTEK Batch 6 terdiri dari 5 dosen pembina modul nusantara yang ikut serta dari UNIKOM (pemanggilan BIMTEK ini melalui email masing - masing pembina modul nusantara) program studi yang mendapatkan email untuk ikut serta BIMTEK selama 3 Hari adalah dari Prodi Hubungan Internasional, Komputerisasi Akuntansi, sastra inggris, sistem informasi, dan ilmu komunikasi, termasuk PIC PT dan PIC keuangan PT.

Isniar juga menjelaskan, Bimtek di PMM2 ini lebih sistematis karena semua yang terlibat di dalam program pertukaran mahasiswa diundang sekaligus dalam waktu yang bersamaan, seperti PIC PT, PIC Pemangku Keuangan PT, Dosen Modul Nusantara, sehingga sangat berbeda dengan PMM sebelumnya. Perlu dijelaskan bahwa di  hari 1 & 2 Kami di berikan Pembekalan khususnya untuk Dosen Pembina Modul Nusantara, sehingga PIC PT dan PIC keuangan PT dapat mengetahui  kegiatan- kegiatan dari mata kuliah modul nusantara. Hari 3 Kami di berikan penjelasan mengenai tugas - tugas pelaporan, baik untuk dosen modul nusantara, PIC PT dan PIC keuangan PT.

“Perbedaan Jumlah Dosen di PMM 1 di tentukan oleh panitia PMM 1 MBKM, dan Jumlah Dosen di PMM 2 ini ditentukan oleh jumlah mahasiswa yang berminat memilih di PT (dalam hal ini UNIKOM) dengan ketentuan perbandingan 20:1 Artinya 20 mahasiswa yang berminat berbanding dengan 1 dosen Pembina modul nusantara.”ungkapnya

Lebih lanjut Isniar Berharap, Kuota mahasiswa yang diajukan sebanyak 100 mahasiswa inbound sesuai dengan peminatan dari PT di Luar Jawa. Semoga Dosen Pembina Modul Nusantara yang ikut serta dalam BIMTEK Juni 2022 ini lolos dan Sukses membuat perancangan modul nusantara sehingga mahasiswa inbound terkesan akan Unikom dan Budaya yang ada di Kota bandung/Jabar. Untuk dosen pembina matakuliah Sukses dalam mempersiapkan BIMTEK di Bulan Juli dan diharapkan semua dosen dari setiap prodi yang mengajukan dapat lolos menjadi dosen pembina mata kuliah. untuk mahasiswa Unikom yang sedang menunggu pengumuman Program PMM 2 semoga semua lolos sesuai PT yang di minati di luar pulau jawa Bismilah Semoga Mahasiswa, Dosen Pembina Modul nusantara, dan Pembina Mata Kuliah lolos pengumuman di bulan juli 2022. Aamiin Yra”tutup Isniar

Tujuan dari Program PMM 2 adalah untuk meningkatkan kemampuan perguruan tinggi dalam mengelola program pertukaran mahasiswa, serta menjadi stimulus bagi munculnya gagasan internalisasi dan pengembangan tata kelola program serupa, atau pengembangannya serta meningkatkan kerja sama lintas perguruan tinggi.

Sedangkan bagi mahasiswa, Program PMM 2 diharapkan mampu memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk menyegarkan dan menguatkan sudut pandang mereka agar lebih menghormati dan merayakan keberagaman Indonesia sebagai salah satu keunggulan pemersatu bangsa dan negara. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan dapat memperluas dan memperdalam pengetahuannya dalam bidang akademiknya.

Melalui PMM 2, perguruan tinggi juga akan mendapat dukungan dalam mencapai Indikator Kinerja Utama dan memperoleh bantuan biaya pengelolaan PMM 2. Sedangkan dosen pembimbing modul nusantara, akan menerima sertifikat penghargaan serta insentif dalam mengembangkan Modul Nusantara. Dosen pengampu mata kuliah akan mendapat kesempatan untuk mendiseminasikan kompetensi keilmuannya di tingkat nasional. (Direktorat Hms & Pro)