BERITA

Unikom Berikan Pelatihan Aplikasi Bagi Binaan Pascarehabilitasi BNNP Jabar

Senin, 27 November 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Universitas Komputer Indonesia (Unikom) bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Barat (BNNP Jabar) mengadakan ‘Kegiatan Pelatihan Aplikasi’ yang dilaksanakan pada 21-22 November 2017. Bertempat di Laboratorium 6.009 Smart Building Unikom, kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian sosial juga implementasi salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) yang melibatkan Program Studi Teknik Informatika (IF) dan Desain Komunikasi Visual (DKV) Unikom.

Pembukaan P2M yang digelar pada Selasa (21/11) dihadiri oleh Ketua Program Studi Teknik Informatika, Irawan Afrianto, S.T.,M.T, Ketua Program Studi Desain Komunikasi Visual, Deni Albar, S.Sn.,M.Ds, Kepala Bagian Sekretariat Rektorat, N. Vani Ramadhani, S.Kom, beberapa staf di lingkungan Unikom, dan Kasi Pascarehabilitasi BNNP Jabar, Birin Bendrayuli, S.Sos.,M.AP, serta perwakilan staf BNNP Jabar.

Menurut Birin, kegiatan ini merupakan program pascarehabilitasi dari rehabilitasi berkelanjutan, mengingat ± 15 peserta yang mengikuti pelatihan aplikasi merupakan para binaan serta beberapa staf di BNNP Jabar. “Sebenarnya program pascarehabilitasi berlangsung selama enam bulan dan terbagi dalam tiga layanan, diantaranya rawat jalan melalui tujuh kali pertemuan, rawat inap dengan program lima puluh hari, dan sisanya adalah rawat lanjut dimana para konselor atau pendamping mendatangi masing-masing rumah binaan kami,” paparnya.

Lebih lanjut Birin menyampaikan, kegiatan ini menjadi bagian program rawat inap dengan memberikan vokasional dan keterampilan sebanyak-banyaknya kepada para binaan yang sudah dikategorikan clean, agar mereka mempunyai pengetahuan dan kompetensi yang bisa dimanfaatkan dalam mengembangkan usaha, menjadi seorang entrepreneur maupun bekerja di perusahaan. “Teman-teman binaan memiliki minat yang besar di bidang IT, sehingga kami pun mengajukan kerja sama dengan Unikom. Seperti istilah ‘gayung bersambut’, Unikom merespon positif sehingga pelatihan kali ini dapat terselenggara,” jelasnya.

Melalui kegiatan P2M, para peserta memperoleh materi terkait beberapa aplikasi, terdiri dari: 1) Ms. Word; 2) Ms. Power Point; 3) Ms. Excel; 4) Adobe Photoshop; 5) Corel Draw; dan 6) Editing Video. Adapun dosen yang terlibat sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut, antara lain: 1) Hanhan Maulana, S.Kom.,M.Kom; 2) Angga Setiyadi, S.Kom.,M.Kom; 3) Richi Dwi Agustia, S.Kom.,M.Kom; 4) Adityo B Hardoyo, M.Ds; 5) Merlina Fatimah Nasrudin, M.Ds; dan 6) Deddy Kurniawan, M.Ds.

Penutupan kegiatan yang berlangsung pada Rabu (22/11) pukul 15.00 WIB, dikahiri dengan pembagian sertifikat kepada para peserta dan sesi foto bersama guna dokumentasi. Melalui kegiatan ini, BNNP Jabar mengharapkan agar para binaan bisa memperoleh kompetensi dan keterampilan baru sesuai dengan bidang yang diminatinya agar bisa dikembangkan sesuai kiprahnya masing-masing menuju hidup lebih baik. (Direktorat Hms & Pro)

Sadaya Unikom Raih Juara I Festival Paduan Angklung XVI ITB
Senin, 18 Februari 2019
Prodi Komputerisasi Akuntansi (KA) Unikom Ajarkan “Internet Sehat” di Lingkungan Pondok Pesantren Sukamiskin Bandung
Sabtu, 16 Februari 2019
Prodi Ilmu Pemerintahan Unikom Ajak Mahasiswa Menilik Penerapan IT di Lingkungan Pemerintahan
Jumat, 15 Februari 2019