BERITA

Unikom Memperkuat Persaudaraan Melalui Halal Bihalal Virtual Pada Hari Raya Idul Fitri 1442 H

Sabtu, 29 Mei 2021 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM – Secara rutin setiap tahunnya, Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) gelar Halal Bihalal bagi sivitas akademika Unikom sebagai bentuk jalinan silaturahmi pasca Hari Idul Fitri. Tahun 2021 adalah tahun ke dua Unikom menggelar Halal Bihalalnya secara virtual, hal ini akibat pandemi COVID-19 yang belum menurun, salah satu buktinya aturan yang ditetapkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yaitu memperpanjang Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus Corona-19 tersebut.

Bertolak dari hal tersebut, Unikom pun memperpanjang Work From Home (WFH) dan Work From Office (WFO) bagi dosen dan karyawan, sejak masa kerja hari pertama setelah 2 (dua) minggu cuti hari Raya, hingga masa PPKM berlaku.

Halal Bihalal Virtual yang digelar pada Selasa, 25 Mei 2021 tersebut  bertajuk “Jalin Silaturahmi dan Saling Memaafkan untuk Memperkuat Persaudaraan ”. Hadir pada HBH virtual tersebut Pimpinan Yayasan Science & Technology, Pimpinan di Jajaran Rektorat, Dekanat, Direktorat, Program Studi, Divisi, Kabiro dan Pimpinan berbagai bidang kerja, dosen, karyawan, Pembina dan pengurus Majlis Ta’lim Asfiyatun Nisa serta perwakilan mahasiswa serta di lingkungan Universitas komputer Indonesia.

Acara dipandu olehTatan Tawami, S.S., M.Hum Tim Protokoler Unikom sekaligus Dosen Sastra Inggris sebagai Master of Ceremony (MC), acara diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Quran Surat Al-Imran ayat 133-136 oleh Ustadz Sofyan Yahya dan saritilawah oleh Apriani Puti Purfini, S.Kom., M.T. pengurus Majlis Ta’lim Asfiyatun Nisa sekaligus Dosen dari Program studi Komputerisasi Akuntansi. Usai pembacaan Tilawah dan saritilawah,  Master Of Ceremony (MC)  mensilakan Rektor Unikom, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T menyampaikan sambutannya. Rektor Unikom mengawali sambutannya dengan menyapa hangat seluruh sivitas akademika Unikom dengan mengucapkan rasa syukurnya dapat bertemu kembali walau secara virtual dengan seluruh sivitas akademika Unikom, setelah selama dua minggu dirumah bersama keluarga, libur Hari Raya Idul Fitri, dan setelah satu bulan berpuasa yang kemudian ditutup dengan Idul Fitri.

Rektor Unikom dalam sambutannya, mengingatkan seluruh sivitas akademika Unikom agar dalam melakukan aktivitas senantiasa berdasarkan budaya Unikom yaitu PIQIE yang sudah mendarah daging pada setiap aktivitas yang harus terapkan untuk hasil kerja yang semakin baik, diantaranya: 1) Bekerja secara profesional, sesuai dengan perkembangan IPTEK, 2) Sivitas Kademika hendaknya menjaga integritas (kejujuran dan kebenaran) dalam setiap pekerjaan yang dilakukan, 3) Meningkatkan Kualitas pelayanan dosen maupun karyawan, walaupun saat ini kita dalam kondisi pandemic, Rektor Unikom berharap bahwa kualitas layanan dosen dan  karyawan harus tetap bisa dijaga sehingga mahasiswa  merasakan puas, senang dan selalu merasa dekat, walaupun perkuliahan dilaksanakan secara daring tapi mahasiswa merasa bertemu dosennya secara langsung. 4) Unikom sebagai perguruan tinggi yang berbasis ICT pada hari ini harus bisa menjadi contoh bagi teman-teman di perguruan tinggi lain sehingga mereka bisa mengikuti apa yang dilakukan dosen kepada mahasiswa, kepada sesama rekan-rekan dosen, rekan-rekan karyawan,  dan tentu lebih luas lagi kepada kolega dari perguruan tinggi lain. 5) Selalu dan Terus menghasilkan karya-karya unggul, karya-karya yang bisa memberikan nilai tambah, baik sebagai dosen, karyawan, mahasiswa, yaitu karya-karya yang memiliki nilai tambah kepada Program Studi, Fakultas maupun Institusi. Menutup sambutan “atas nama Yayasan Science dan Tekonologi beserta jajaran dan juga atas nama pribadi, sekeluarga, Eddy menyampaikan Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin, semoga kita selalu dilindungi diberikan kesehatan yang baik dan memperoleh kebahagiaan dari Allah subhanahu wa ta'ala, demikian pukas Eddy.

Memasuki agenda inti, yaitu siraman rohani yang disampaikan oleh Ustadz Dudi Muttaqien, dimana dalam ceramahnya, Almukarram mengawali dari sebuah perjuangan yang telah dilakukan oleh Umat Islam dimana pun berada, bahwa selama 30 hari penuh telah melakukan ibadah Puasa yaitu melatih diri untuk konsisten beribadah dalam sebelas bulan ke depannya. Selama bulan suci Ramadan menurutnya ada beberpa kenikmatan yang dapat dipetik yakni 1) Menikmati indahnya bersodakoh, dan hendaklah dapat di lanjutkan, 3) Kebahagian berpuasa, dan hendaknya kebahagian itu dapat terus dilanjutkan, meskipun sudah tidak di bulan Ramdhan, 3) Menikmati keramahan bulan suci Ramadan, yaitu kedekatan dengan keluarga, tetangga dan juga hendaknya dimanfaatkan untuk sebelas bulan berikutnya. Berpuasa juga melatih dan meningkatkan agar kualitas hidup kita menjadi terus optimal.

Ramadan adalah ibadah, dan ibadah adalah latihan, karena Allah menciptakan manusia dalam keadaan berjuang untuk belajar belajar seumur hidup. Hendaknya Di Perjuangkan tidak pernah ada satu episode yang kita lalui yang tidak kita jadikan ilmu dalam kehidupan ini, kesulitan seperti apapun. Allah mengingatkan bahwa: “Apa pun kesulitan yang dihadapi pasti akan ada akhirnya”. Almukarram menyimpulkan bahwa Bulan Ramdhan adalah sepenuhnya ilmu, ilmu yang mengajarkan agar Umat Muslim hendaknya selalu jujur, saat berpuasa yakin bahwa Allah menyaksikan setiap aktivitas yang dilakukan. Keindahan yang dijanjikan Allah dari setiap ibadah yang dilakukan dalam  memperkuat keimanan adalah mendapatkan surga yang luasnya, seluas langit dan bumi, dan keindahan terhebatnya Umat Muslim bisa melihat dan bertemu dengan Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Melengkapi rangkaian acara Halal Bihalal tersebut, Tatan Tawami, SS., M.Hum selaku Master of Ceremony (MC) memberi kesempatan kepada Jajaran Rektorat, Dekanat, untuk menyapa dan memberikan Ucapan Idul Fitri secara bergilir kepada sivitas akademika Unikom yang hadir pada link Halal Bihalal virtual tersebut. Halal Bihalal Virtual Unikom ditutup dengan dokumentasi bersama secara virtual yang di bawah panduan MC. (Direktorat Hms & Pro)

Kepala Perpustakaan Mengajak Seluruh Sivitas Akademika Unikom Menjadi Anggota Dispusipda Jabar
Senin, 14 Juni 2021
Informasi Lowongan Pekerjaan PT. Lapi Devusi
Senin, 14 Juni 2021
Menyambut Hari Idul Fitri 1442 H Unikom Berbagi Tali Kasih Kepada Teman – Teman Media
Jumat, 11 Juni 2021