Berita

UNMA Lakukan Studi Banding Ke UNIKOM: Sekaligus Penandatanganan MOU dan MOA

BANDUNG, UNIKOM -  Perguruan tinggi memiliki tugas mulia di dalam memberikan pendidikan yang berkualitas dalam mempersiapkan lulusan yang siap bekerja dan memahami dunia industri di kemudian hari. Hal ini sangat penting dalam upaya menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan berkualitas.

Peningkatan kualitas perguruan tinggi salah satunya bisa dilakukan dengan melakukan kerjasama serta kolaborasi antar perguruan tinggi. Hal inilah yang telah dilakukan oleh Universitas Majalengka (UNMA) dengan Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM), yang dituangkan pada Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) yang telah ditandatangani bersama kedua perguruan tinggi, bertempat di Ruang Ruang Grand Meeting Lt. 15 Smart Building UNIKOM, Rabu, 24 Mei 2023.

Di awal sambutannya, Rektor UNIKOM, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T., memperkenalkan jajaran unsur pimpinan UNIKOM yang turut hadir pada penandatanganan MoU dan MoA tersebut, disambung dengan memaparkan sekilas sejarah singkat berdirinya UNIKOM. Terkait dengan penelitian, dalam proses pembangunan di berbagai bidang, selama 10 tahun usia UNIKOM penelitian dosen belum maksimal dilakukan, Namun demikian, UNIKOM saat ini telah memiliki dua International Conference, yaitu INCITEST dan ICOBEST guna memfasilitasi dosen-dosen dalam meningkatkan cum-nya. Lebih lanjut Prof. Eddy menyampaikan bahwa kerjasama antar perguruan tinggi swasta sangat penting dilakukan untuk bisa berbagi pengalaman tentang apa yang sudah dilakukan UNIKOM dan belum dilakukan UNMA, saling memberikan input-input positif supaya bisa sama-sama maju. Kerjasama dibangun melalui MoU antar direktorat di tingkat perguruan tinggi. “MoA dilakukan untuk menindaklanjuti MoU yang dibangun oleh kedua perguruan tinggi. Kita berharap, tentu UNMA bisa mengikuti jejak UNIKOM yang telah mencapai akreditasi unggul dan masuk dalam World Class University”, pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UNMA, Dr. Indra Adi Budiman, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan sangat bangga atas penerimaan UNIKOM, dan berharap kehadiran UNMA di UNIKOM dapat membawa manfaat bagi kemajuan UNMA ke depan. Senada dengan yang disampaikan Rektor UNIKOM, dalam wawancara terpisah, Dr. Indra menyampaikan saat ini diperlukan upaya untuk melakukan peningkatan kerjasama antar perguruan tinggi. “Sebagai PTS kecil di daerah, UNMA sangat memerlukan bantuan maupun bimbingan dari UNIKOM yang sudah jauh lebih maju”, ungkapnya. Kerjasama yang paling utama, penekanannya adalah kerjasama di bidang pertukaran dosen dan mahasiswa yang dapat melibatkan kolaborasi antar dosen dan mahasiswa kedua perguruan tinggi. Di akhir sambutannya, Dr. Indra tidak lupa menyampaikan selamat atas pencapaian UNIKOM dalam meraih akreditasi unggul.

Terdapat 1 MoU dan 5 MoA yang ditandatangani bersama antara UNMA dengan UNIKOM, antara lain : MoU antara Rektor UNIKOM dengan Rektor UNMA, MoA antara Dekan Pascasarjana UNIKOM dengan Direktur Pascasarjana UNMA, MoA antara Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UNIKOM dengan Dekan Fakultas Teknik UNMA, MoA antara Dekan Fakultas Hukum UNIKOM dengan Dekan Fakultas Hukum UNMA, MoA antara Dekan FISIP UNIKOM dengan Dekan FISIP UNMA, serta MoA antara Dekan FEB UNIKOM dengan Dekan FEB UNMA.

Turut hadir pada pertemuan di atas, Wakil Rektor I UNIKOM, Prof. Dr. Hj.Umi Narimawati, Dra., S.E., M.Si., Wakil Rektor II UNIKOM, Assoc. Prof. Dr. Agus Riyanto, S.T., M.T., Wakil Rektor III UNIKOM, Assoc. Prof. Dr. H. Herman S. Soegoto, MBA., didampingi para Dekan dan Direktur terkait.

Kerjasama antar perguruan tinggi diperlukan untuk lebih mendorong pengembangan pelaksanaan program bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Kerjasama tersebut diharapkan dapat menjadi solusi institusional yang dihadapi perguruan tinggi, baik pada tingkat lokal, regional, nasional, maupun internasional, terutama dalam upaya peningkatan mutu akademik. Dengan demikian, kerjasama antar perguruan tinggi mutlak dilakukan demi terwujudnya pengembangan sumber daya masing-masing perguruan tinggi. (Direktorat Hms & Pro).