Berita

Webinar Artificial Intelligence 2022 : Dalam Ekonomi dan Bisnis untuk Masa Depan

BANDUNG, UNIKOM - Teknologi machine learning, menjadi salah satu dari cabang Artificial Intelligence yang sangat diminati dan menarik perhatian karena teknologi ini mampu mempelajari data yang ada dan data yang diperoleh, sehingga bisa melakukan tugas tertentu.  Program Studi (prodi) Sistem Informasi Unikom menyelenggarakan webinar Artificial Intelligence : Dalam Ekonomi dan Bisnis Untuk Masa Depan, secara daring, pada Sabtu (02/7/2022) lalu. 

Webinar mengusung tema “Artificial Intelligence”, dengan menghadirkan (Dosen Tetap Prodi Manajemen Informatika) Agus Nursikuwagus, ST.,MT.,MM.,MOS.,MTA dan (Business Analyst Manager di Eureka.ai) Muhammad Izza, S.Kom bertujuan untuk menambah wawasan dan ilmu bagi mahasiswa/i Sistem Informasi dan Manajemen Informatika di lingkungan kampus dan dalam dunia bisnis dan ekonomi.


Ketua Program Studi Sistem Informasi Dr. Marliana Budhiningtias W., S.Si.,M.Si. dalam sambutan mengatakan ”Terima kasih atas kehadiran para narasumber yang luar biasa ini, dan tentu webinar ini diharapkan menambah wawasan dan bekal para mahasiswa ikuti dengan baik resapi dan gali sebanyak banyaknya materi yang diberikan Marliana berharap semoga dengan adanya webinar ini akan memberikan hal yang sangat luar biasa untuk mempersiapkan diri dengan tantangan dimasa depan dan sebagai bagian dari perkembangan dunia.”ungkapnya

Artificial Intelligence pada dasarnya berkaitan dengan pengembangan komputer yang mampu terlibat dalam proses berpikir seperti manusia.  Tipe data Artificial Intelligence (Big Data) menurut Agus Nursikuwagus, ST.,MT.,MM.,MOS.,MTA terbagi menjadi tiga tipe yaitu 1) Terstruktur, 2) Tidak Terstruktur, 3) Semi Struktur. Sedangkan menurut Muhammad Izza, S.Kom AI bisa ke arah indonesia emas dan dimulai dari saat ini hingga 100 tahun lagi pembuatan inovasi berbasis AI akan terasa mudah.

Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan adalah bentuk teknologi yang diciptakan untuk meniru fungsi kognitif manusia. Seperti menganalisis data, memahami pola, mengenali lingkungan sekitar hingga membuat keputusan. AI tidak selalu berbentuk robot seperti yang biasa kita lihat di film bergenre science fiction. AI seringkali berbentuk komputer, perangkat, bahkan tanpa wujud. Teknologi AI diciptakan untuk memahami dan memberi solusi terhadap suatu masalah dengan lebih cepat dan efektif. Lebih lagi, AI diharapkan mampu menyelesaikan pekerjaan manusia dengan lebih mudah serta memberi hasil yang maksimal. (Direktorat Hms & Pro)