Berita

PASCASARJANA UNIKOM MENGADAKAN WEBINAR CONSUMER SOCIAL MEDIA HABITS

BANDUNG, UNIKOM – Pascasarjana Unikom telah mengadakan webinar yang bertajuk “Cunsumer Social Media” pada Sabtu, 6 Maret 2022 Pukul 09.00 WIB dengan mengundang sebagai Narasumber yakni Diah Nur Kusumawardhani, S.Psi. dan Maryadi Aris Munandar, S.Kom yang merupakan Mahasiswa Magister Manajemen Fakultas Pascasarjana Unikom. turut hadir pada kesempatan tersebut Dekan Fakultas Pascasarjana Dr. Rahma Wahdiniwaty, Dra., M.Si. Para Ketua Program Studi dan Dosen di lingkungan Pacsarajana Unikom.

Dekan Fakultas Pascasarjana Unikom Dr. Rahma Wahdiniwaty, Dra., M.Si. dalam sambutan sekaligus membuka acara webinar tersebut mengatakan “Webinar tersebut merupakan bentuk dari Implementasi mata kuliah Manajemen Pemasaran dalam memahami prilaku konsumen sebagai bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat dan manfaatnya bagi pelaku UMKM. Selain itu juga, kegiatan webinar ini pun berasal dari RPS Manajemen Pemasaran yang berkaitan dengan bagaimana cara memahami karakteristik perilaku konsumen secara online dan bagaimana promosi melalui social media sebagai strategi peluang bisnis sehingga diharapkan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi pelaku usaha khusus nya bagi pelaku UMKM.”tutur Rahma

Memasuki acara inti, sebagai Narasumber yang pertama Diah Nur Kusumawardhani, S.Psi. yang merupakan Manajer HC&GA PT. Chitose International Tbk memberikan materinya berkaitan dengan perilaku customer dan konsumen menurutnya Customer atau pelanggan adalah orang yang melakukan transaksi pembelian atas produk Anda. Dalam hal ini, customer melakukan transaksi pembayaran untuk memiliki produk. Meskipun mungkin saja pelanggan menggunakan produk tersebut untuk diri sendiri atau orang lain.

Sedangkan, Konsumen adalah orang yang menggunakan atau mengonsumsi produk yang Anda tawarkan. Dalam praktik pemasaran, konsumen belum tentu orang yang melakukan transaksi pembelian atas produk. Diah juga menjelaskan empat tipe prilaku konsumtif yaitu 1) Dominance, 2) Influence, 3) Steady dan 4) Conscience.

Memasuki Narasumber selanjutnya, yaitu Maryadi Aris Munandar, S.Kom. yang merupakan General Manager PT. Exellenct Infotama Kreasindo. Aris memaparkan materi nya mengenai peluang bisnis dalam penggunaan social media. Dari sekian banyak nya social media yang digunakan masyaraka, Aris menjelaskan peluang berbisnis online  pada social media via Facebook di masa pandemic manfaat apa saja yang akan didapatkan melalui Facebook dan pengenalan Facebook itu sendiri.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa lebih dari 3,2 miliar orang di dunia menggunakan media sosial. Angka ini menjadi fakta menarik, sekaligus bukti bahwa media sosial memang digandrungi masyarakat. Dengan media sosial, proses marketing yang dilakukan akan jadi jauh lebih menyenangkan. Ada beberapa keuntungan yang bisa menjadi alasan kenapa marketing jenis ini penting. 1. Meningkatkan brand awareness 2. Mendapatkan feedback produk dan strategi pemasaran dan 3. Mempelajari kompetitor. (Direktorat Hms & Pro)