BERITA

Bangun Paradigma Berpikir Mahasiswa Sebagai Entrepreneur

Selasa, 04 Desember 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Lebih dari 200 peserta memadati Auditorium Miracle Kampus I Unikom untuk mengikuti Loketalks with Finansialku.com bertajuk ‘Campus Event: Save Time and Take Control’, Kamis (29/11/2018). Kegiatan yang sukses digelar atas kerja sama Unikom dengan Finansialku.com dan Loket.com, secara resmi dibuka oleh Direktur Kemahasiswaan Unikom, Andrias Darmayadi. S.IP.,M.Si.,Ph.D, mewakili Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unikom.

Gelaran Loketalks with Finansialku.com yang pertama kali diadakan di Kota Bandung memilih Unikom sebagai tuan rumah. Melalui sambutan pembukanya, Andrias mengapresiasi kegiatan ini karena dinilai memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa. “…terima kasih kepada para pembicara yang telah hadir, semoga materi yang disampaikan memberikan pencerahan kepada peserta khususnya mahasiswa Unikom sebagai wawasan baru serta membawa manfaat dan bekal ilmu yang dapat diterapkan,” tuturnya.

Berkaitan erat dengan mahasiswa maka topik kegiatan kali ini membangun paradigma berpikir sebagai seorang entrepreneur juga event creator yang mengupas wawasan dan pengalaman para pembicara kompeten dari berbagai sisi, seperti perencanaan konsep, pengelolaan keuangan, promosi dan publikasi, hingga sistem registrasi yang dapat mempermudah para event creator dan tentunya calon peserta kegiatan. Adapun pembicara tersebut, antara lain: 1) Melvin Mumpuni (CEO Finansialku.com); 2) Jojo Trijoko (Marketing Manager Loket.com); dan 3) Choky Sitohang (TV Host, Entrepreneur, Public Speakers).

Bagi Jojo event creator bisa menyentuh siapa saja termasuk kalangan mahasiswa, terlebih mereka yang berorganisasi akan dihadapkan pada sejumlah program kerja yang harus direalisasikan dalam bentuk kegiatan. “…resource dan promotion adalah dua tantangan yang seringkali dihadapi oleh para pembuat event, karenanya kolaborasi itu penting untuk dilakukan tanpa mengesampingkan perencanaan konsep yang matang,” tuturnya.

Sementara itu, edukasi perencanaan keuangan yang disampaikan oleh Melvin melalui materinya bertajuk “Bagaimana Cara Mencapai Kesuksesan Keuangan untuk Entrepreneur” membuka wawasan mahasiswa agar lebih bijak mengelola keuangan baik keuangan pribadi ataupun keuangan organisasi, salah satunya memanfaatkan fitur-fitur di aplikasi Finansialku.com, mengingat perencanaan yang matang turut menentukan kesuksesan tercapainya tujuan.

Kegiatan semakin meriah saat Choky Sitohang berbagi pengalamannya meniti karier hingga menjadi entrepreneur yang kini menaungi salah satu sekolah public speaking. Menurutnya, keberuntungan atau hoki dapat diciptakan dengan cara capability dan opportunity. “Jangan percaya pada talenta, percayalah pada latihan karena jika talenta tidak dilatih maka tidak akan menjadi ‘sesuatu’,” jelasnya.

Kisah inspiratif yang disampaikan Choky pada kegiatan tersebut menutup sesi pemaparan materi yang dilanjutkan dengan sharing atau tanya jawab. Melalui kegiatan ini diharapkan mampu menjadi pemantik mahasiswa untuk lebih bersemangat dan termotivasi menciptakan mindset sebagai mahasiswa kreatif, inovatif, dan berkembang menjadi seorang entrepreneur. (Direktorat Hms & Pro)

Emtek Goes to Campus Gelar Sharing Session di Unikom
Senin, 10 Desember 2018
Partisipasi Unikom dalam Forum Group Discussion (FGD) KPID Jawa Barat
Sabtu, 08 Desember 2018
Dukung Mahasiswa Unikom di ASEAN University Games 2018
Sabtu, 08 Desember 2018

Februari 2019