BERITA

Galakan ‘Anti Plagiarisme’, Perpustakaan Unikom Kembali Adakan Pelatihan Mendeley

Kamis, 07 Juni 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Bertempat di Ruang Audiovisual Perpustakaan Lantai 8 Smart Building Unikom, kembali digelar “Pelatihan Pembuatan Sitasi dan Daftar Pustaka Karya Tulis Ilmiah” yang dilaksanakan setiap hari Rabu dan Sabtu sejak bulan Mei hingga Agustus 2018. Kegiatan yang digagas Perpustakaan Unikom ini telah memasuki tahun pelaksanaan yang kedua, sebagai upaya untuk mempermudah para penulis khususnya dosen dan mahasiswa dalam mempersiapkan karya tulis ilmiah serta menjadi bentuk keseriusan para Pustawakan Unikom dalam menggalakkan anti plagiarisme.

Pelatihan selama dua jam yang terbagi menjadi dua sesi yakni pukul 08.00-10.00 dan 10.00-12.00 untuk hari Rabu, serta pukul 09.00-11.00 WIB di hari Sabtu, diawali dengan pembuatan akun salah satu tools atau aplikasi bernama ‘Mendeley’. Usai peserta memiliki akun, Pustakawan Unikom yang mendampingi ebagai narasumber, memberikan materi terkait penggunaan aplikasi Mendeley mulai dari instal aplikasi hingga pembuatan sitasi dan daftar pustaka. Bahkan peserta juga difasilitasi laptop agar bisa mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya secara langsung dalam aplikasi tersebut.

Menurut Nurriska Amalina, S.Pd., Staf Pengembangan dan Pengolahan Bahan Pustaka Referensi dan Serial Perpustakaan Unikom yang menjadi narasumber, menyebutkan bahwa aplikasi Mendeley dipilih karena free dan cara penggunaannya lebih mudah dibandingkan aplikasi serupa lainnya. “Kita bisa akses Mendeley versi website dan versi desktop selama mempunyai akun tersebut, jika diakses versi website bisa juga kita manfaatkan untuk sharing dengan sesama pengguna Mendeley tentang referensi-referensi karya ilmiah yang sesuai dengan ranah keilmuan kita,” tuturnya.

Humas Perpustakaan Unikom, Novi Syania Awalliah, S.Pd, juga sebagai Asisten Narasumber bersama dengan Sri Utami Lestari, A.Md, menjelaskan bahwa Mendeley adalah aplikasi reference manager gratis yang dapat digunakan untuk mengelola sumber informasi dalam karya ilmiah. Aplikasi ini dapat digunakan untuk pembuatan sitasi dan daftar pustaka. Baik aplikasi Mendeley dekstop dan Mendeley website dapat berkolaborasi dengan Microsoft Office (Word) dalam penyusunan sitasi dan daftar pustaka sehingga akan mempermudah pembuatan daftar referensi karya ilmiah, karena dalam satu kali klik maka seluruh referensi telah tersusun sesuai dengan keinginan penulis.

Berbeda dengan pelaksanaan di tahun sebelumnya yang fokus pada mahasiswa Unikom saja, kali ini Pelatihan Mendeley juga terbuka untuk dosen Unikom dan umum karena tidak sedikit dari mereka yang tertarik mengikuti kegiatan ini. Sehingga diharapkan upaya yang sudah difasilitasi oleh Perpustakaan untuk Civitas Akademika Unikom dapat dimanfaatkan sebaik mungkin guna meningkatkan kompetensi dan menghindari risiko tindakan plagiarisme dengan teknik pengutipan yang benar dan kejelasan referensi, serta peserta bisa lebih mengeksplor fitur-fitur yang ada di aplikasi Mendeley. (Direktorat Hms & Pro)

Gladi Kotor Persiapan Wisuda Semester Genap Tahun Akademik 2017/2018
Rabu, 26 September 2018
Kostum Karakter Meriahkan Yudisium Program Studi Desain Komunikasi Visual Unikom Semester Genap TA 2017/2018
Rabu, 26 September 2018
H-5 Integelensi Muda
Rabu, 26 September 2018

September 2018