Berita

HIMA Teknik Sipil UNIKOM Gelar Lomba Software Autocad

BANDUNG, UNIKOM – Di era revolusi industri 4.0 saat ini, perubahan serta kemajuan teknologi berkembang secara signifikan, sehingga berbagai aktivitas dapat dengan mudah dilakukan melalui teknologi. Terutama di tengah kondisi pandemi COVID-19 saat ini yang membatasi gerak masyarakat dan memanfaatkan kecanggihan teknologi yakni internet demi berjalannya berbagai proses kehidupan. Maka, bertolak dari hal tersebut, sebagai pendukung akan kecanggihan teknologi, Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Unikom menggelar Lomba Software Autocad pada hari Jumat, 25 September 2020.

Digelarnya kegiatan tersebut bertujuan sebagai sarana mahasiswa/i Program Studi Teknik Sipil Unikom untuk dapat mengukur kemampuannya dalam penggunaan software autocad. Selain itu, Ketua Hima Teknik Sipil Unikom, Bagas Pratama menjelaskan tujuan lainnya ialah sebagai berikut: 1) Sebagai pengukur kemampuan serta pemahaman peserta dalam menggunakan Autocad, 2) Untuk membangkitkan semangat baru setelah selesai berlibur kuliah, dan 3) Menjalin silahturahmi setiap angkatan di Program Studi Teknik Sipil Unikom.

Sebanyak 8 orang peserta mengikuti berbagai rangkaian kegiatan dalam lomba tersebut, dimana yang dipertandingkan ialah lomba menggambar denah lantai dasar, lantai 2 (dua) dan denah atap, menggambar tampak muka, samping kanan, samping kiri juga sisi belakang, serta menggambar potongan. Adapun proses yang dilalui oleh para peserta ialah dimulai dengan peserta akan mengerjakan gambar yang telah diberikan oleh panitia selama 4 jam. Lalu, akan dilakukan verifikasi file oleh panitia untuk menghindari penduplikatan file dan setelah dilakukan verifikasi file, selanjutnya file dikirimkan ke juri untuk dilakukan penilaian. Selanjutnya, setelah melakukan penilaian, juri akan memberikan file tersebut kepada panitia sebagai perolehan point seluruh peserta dan juga hasil juara 1-3.

Dosen pembina, Dr. Vitta Pratiwi, ST., MT, mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota Hima Teknik Sipil Unikom yang telah membantu dan mendukung kegiatan perlombaan tersebut sehingga perlombaan dapat terlaksana. Diharapkan dengan diadakan nya lomba tersebut dapat menjadi modal awal bagi peserta untuk menjadi freelancer drafter.” ujarnya. (Direktorat Hms & Pro)