Berita

Webinar Get to Know About a Content Writer: “Melihat Peluang Kerja Bagi Lulusan Program Studi Sastra Inggris di Bidang Blogging dan Penulisan Web”

BANDUNG, UNIKOM - Content writer adalah penulis profesional yang membuat konten menarik untuk digunakan dan disebarkan melalui internet. Mereka adalah individu-individu cerdas yang menciptakan artikel, blog dan bentuk-bentuk tulisan lain dalam web. Content writer berperan banyak dalam konten yang ditulis pada sebuah website. Seorang content wirter harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan juga kemampuan menulis yang handal, serta berpengalaman dalam menggunakan software penerbitan website dan sistem teknologi. Kebanyakan latar belakang pendidikan untuk menjadi seorang content writer adalah sarjana.

Guna membekali kemampuan mahasiswanya menjadi seorang Content Writer Program Studi Sastra Inggris Unikom telah menggelar webinar yang bertajuk “Get to Know About a Content Writer” Webinar kali ini mengajak khususnya mahasiswa untuk bisa lebih melihat peluang kerja bagi lulusan program studi Sastra Inggris di bidang Blogging atau Penulisan Web.

Narasumber dalam webinar ini adalah dua orang lulusan program Studi Sastra Inggris UNIKOM, Listiorini Ajeng Purvashti (angkatan 2012) dan Nurdita Afifah (angkatan 2016), serta Dosen IPB Invada Cirebon Intan Juwintan. Acara ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris UNIKOM dibawah supervisi Mia R Yuwita, M.App. Ling dan Ketua Program Studi Sastra Inggris Dr. Retno Purwani Sari, M.Hum.

Mia R Yuwita, M.App. Ling selaku ketua pelaksana dalam laporannya mengatakan “Webinar ini berawal dari adanya pandangan dari fenomena bagaimana pesatnya perkembangan teknologi yang tentunya teknologi tersebut akan berpengaruh terhadap segala bidang dan salah satunya dibidang bahasa atau penulisan. Untuk menjadi seorang content writer pasti tidak mudah karena harus dibekali dengan trik dan kemampuan menulis yang handal."ungkapnya

Dr. Retno Purwani Sari, M.Hum. dalam sambutan sekaligus membuka acara secara resmi dirinya mengatakan “Terima kasih kepada Dekan Fakultas Ilmu Budaya dan Juga para sivitas akademika di lingkungan FIB Unikom serta kepada panitia yang telah mengsukseskan acara ini menjadi realita, mendukung dari pernyataan ketua pelaksana bahwa selaras dengan kebutuhan kompetensi dunia industri, profesi dalam content writer dibangun dan diperkuat di lingkungan sivitas akademika Unikom. Dengan tujuan terhadap kebutuhan dunia kerja, Retno berharap mahasiswa akan termotivasi dan juga tergerak untuk mengembangkan komptensi dari mahasiswa"ungkapnya

Listiorini Ajeng Purvashti dalam paparan nya mengatakan bahwa Blog seperti diari pribadi, tidak ada aturan yang terlalu mengikat, Blog juga berbeda dengan website dimana Blog bersifat dinamis sedangkan website bersifat Statis terbagi menjadi dua jenis Blog yang dikatakan oleh Listiorini yaitu Personal Blog, Profesional Blog dan Business Blog. Sedangkan Nurdita Afifah menjelaskan mengenai UX Writer, UX Writer sendiri adalah seseorang yang menulis untuk pengalaman pengguna. UX Writer menulis kata-kata yang dapat dibaca atau didengar ketika seseorang menggunakan produk digital seperti aplikasi atau website. Teks yang ditulis bersifat singkat, padat, jelas, dan berguna. Kalau tulisan yang dibuat copywriter singkat, tulisan UX Writer lebih singkat lagi. Sering disebut dengan micro copy.

Lebih lanjut pemateri ketiga Juwintan berkesempatan membawakan materi yang bertajuk How to Promote Your Blog. Menurtnya nya Jenis Artikel yang dibuat biasanya terdiri dari 500-1000 kata mempunyai infografis (gambar) dan artikel Video. Ia juga menyebutkan bahwa dua model tujuan akhir dari pembuatan artikel adalah Artikel for Adsense (informatif artikel berupa informasi seperti alamat restoran, spesifikasi komputer dll) yang kedua adalah artikel to selling (buying keyword).

Kebanyakan para pengusaha mempekerjakan lulusan sastra Inggris, jurnalistik, komunikasi atau creative writing. Namun terkadang seorang content writer juga harus berasal dari lulusan bidang tertentu tergantung dari pokok bahasan yang harus ditulis. Contohnya seorang content writer yang membuat konten pelajaran matematika online tentunya membutuhkan lulusan sarjana matematika. (Direktorat Hms & Pro)