Berita

20 Mahasiswa UNIKOM Ikuti KKN Tematik Dalam Program Perguruan Tinggi Mandiri Gotong Royong Membangun Desa (PTM-GRMD) LLDIKTI Wilayah IV Di Kabupaten Sumedang

BANDUNG, UNIKOM – LLDIKTI Wilayah IV menyelenggarakan Program Perguruan Tinggi Mandiri Gotong Royong Membangun Desa (PTM-GRMD) dalam upaya memfasilitasi perguruan tinggi dalam melaksanakan Program Kemdukbudristek Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Memasuki tahun 2024, UNIKOM turut serta berpartisipasi melaksanakan program tersebut dengan mengikutsertakan mahasiswa dari berbagai program studi yang tersebar di 4 desa di wilayah Kabupaten Sumedang.

Sabtu, 17 Februari 2024, sejumlah 20 orang mahasiswa UNIKOM yang berasal dari Program Studi Ilmu Komunikasi, Sastra Inggris, Akuntansi, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Perencanaan Wilayah & Kota, Manajemen, dan Teknik Industri, didampingi 2 orang Dosen Pendamping Lapangan, mengikuti acara pelepasan di pelataran lobby Smart Building UNIKOM lantai 1, untuk diberangkatkan menuju 4 desa di wilayah Kabupaten Sumedang, antara lain ke Desa Gudang, Gunung Manik, Kuta Mandiri, dan Margajaya. Program tersebut bertujuan memfasilitasi para mahasiswa untuk mengaplikasikan keilmuannya dalam memecahkan masalah di dan dengan masyarakat desa. Melalui program PTM-GRMD, perguruan tinggi, mahasiswa, masyarakat, dan pemerintah bersama-sama berkolaborasi dalam membangun desa, yang dilaksanakan mulai 17 Februari 2024 sampai dengan 17 Juni 2024.

Dekan Fakultas Desain, Prof. Dr. Ir. Lia Warlina, M.Si., yang bertugas sebagai Dosen Pendamping Lapangan dalam kegiatan tersebut, menuturkan, sejumlah perguruan tinggi negeri maupun swasta turut berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan KKN Tematik yang bertajuk Program Perguruan Tinggi Mandiri Gotong Royong Membangun Desa (PT-GRMD) tersebut. Para mahasiswa akan berada di masing-masing desa selama 4 bulan, dengan didampingi 2 Dosen Pendamping Lapangan, dibawah binaan langsung Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Umi Narimawati, Dra., S.E., M.Si., selaku Pembimbing Akademik. Lebih jauh Prof. Lia menjelaskan bahwa pelaksanaan  KKN Tematik dalam Program PTM-GRMD tersebut akan dikonversi menjadi 20 SKS. Para mahasiswa peserta program dibebaskan dari kewajiban kuliah tatap muka, karena telah mengikuti program KKN Tematik setara 20 SKS. Namun demikian, mereka harus memberikan laporan progress kegiatan secara periodik dari sejak awal program sampai ke akhir kegiatan, demikian tutur Prof. Lia.

Sementara itu, Ketua Divisi Bimbingan Konseling & Career Center, Dr. Nungki Herayati, S.S., M.A., yang juga bertugas sebagai Dosen Pendamping Lapangan, menjelaskan bahwa 5 orang mahasiswa ditempatkan di masing-masing desa. Adapun kegiatan yang dilaksanakan harus terkait dengan Program Pemkab Sumedang, antara lain Zero Stunting, Peningkatan Litersai Kemiskinan, One Village One Product, Pusat Kesejahteraan Sosial, dan Produk Unggulan. “Semoga mahasiswa UNIKOM bisa diterima dengan baik oleh masyarakat di lokasi penugasan. Melalui berbagai program yang ditawarkan, mahasiswa bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman dalam bermasyarakat, serta dapat melaksanakan kelima key point tersebut”, harap Dr. Nungki.

20 orang mahasiswa peserta Program PTM-GRMD tersebut antara lain, Hassein Safa Assabil, Ayuni Febriani, Irfan Nadzir, Syifa Nurjanah, Nabila Adabina, Rania Shahinaz, Rena Ameliyanti, Deritama Ramadhani, Sekar Ayu Listyani, Ondo Tua Sinaga, Steviani Kezia, Desti Yulianti, Carya Hendiana, Muhamad Chaidar, Vika Pratiwi, Habriadi Arafi, Sendi Azahra, Fazar Zainul, Fauzan Izzuddin, dan raisa Salma Nadira. Beberapa mahasiswa menyatakan ketertarikannya mengikuti KKN Tematik Program PTM-GRMD tersebut antara lain karena ingin atau suka mengabdi kepada masyarakat, dapat memberikan energi positif untuk masyarakat agar dapat bermanfaat, untuk mencari pengalaman, belajar berinteraksi langsung dengan masyarakat sehingga bisa mengimplementasikan mata kuliah yang dipelajari bukan hanya di kelas. Ada juga yang menyampaikan keinginannya untuk dapat berbaur dan mengetahui secara langsung apa kebutuhan masyarakat, meningkatkan kompetensi diri dengan bersosialisasi secara langsung dengan masyarakat.

Selamat berkegiatan bagi seluruh mahasiswa peserta KKN Tematik Program PTM-GRMD, semoga dapat melaksanakan masing-masing programnya dengan baik dan mengharumkan nama UNIKOM di tempat tugas masing-masing. (Direktorat Hms & Pro).