Berita

Dekan Pascasarjana Diundang Menjadi Pembicara pada Kegiatan Sosialisasi Pembuatan Market Place dan Pemasaran Produk Bagi UP2K Tingkat Kelurahan Sukawarna Kota Bandung

BANDUNG, UNIKOM – Perkembangan teknologi dan digital marketing telah memberikan berbagai kemudahan dalam kehidupan manusia, tidak terkecuali dalam membentuk efektivitas media sosial untuk mendorong pemasaran melalui strategi yang ada. Beberapa  platform online  yang seringkali digunakan sebagai sarana dalam memasarkan produk maupun jasa seperti Facebook, Instagram, dan aplikasi seperti shopee, tokopedia, lazada dll.

Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Sukawarna kota Bandung Ibu Hj. Lia Nurlianty, SH., mengundang  Dr. Rahma Wahdiniwaty, Dra.,M.Si. sebagai nara sumber untuk memberikan materi kegiatan Sosialisasi Pembuatan Market Place dan Pemasaran Produk Bagi UP2K Tingkat Kelurahan Sukawarna kota Bandung. Peserta dalam kegiatan tersebut adalah para Ibu-Ibu PKK dan Pelaku Usaha Mikro dan Kecil yang ada di Kelurahan Sukawarna. Pada Jum’at, 26 Agustus 2022, pukul 09.00 WIB – selesai, tempat: Aula Kantor Kelurahan Sukawarna Jl. Lemah Neundeut No. 10 Bandung.

Teori Pemasaran yang Rahma katakan pada pemaparannya Pemasaran ialah Aliran produk secara fisik dan ekonomik dari produsen melalui pedagang perantara ke konsumen . Suatu proses sosial dan manajerial yang membuat individu / kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan , menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain . Pemasaran melibatkan banyak kegiatan yang berbeda yang menambah nilai produk pada saat produk bergerak melalui sistem tersebut .

Dua poin penting mengenai rencana strategi yang disampaikan oleh Rahma yaitu 1) Rencana Pemasaran Strategis Mengembangkan garis besr sasaran pemasaran dan strategi berdasarkan analisis situasi dan peluang pasar saat ini. 2) Rencana Pemasaran Taktis Menggariskan taktik pemasaran tertentu dalam periode tersebut, termasuk iklan, penentuan jenis barang, penentuan harga, saluran pelayanan, dll.

Manfaat membuat Targeting menurut Rahma dapat Mengembangkan posisi produk dan strategi bauran pemasaran, Memudahkan penyesuaian produk yang dipasarkan dan strategi bauran pemasaran yang dijalankan (harga yang tepat, saluran distribusi yang efektif, promosi yang tepat) dengan target pasar. Membidik peluang pasar lebih luas, hal ini penting saat memasarkan produk baru. Memanfaatkan sumber daya perusahaan yang terbatas seefisien dan seefektif mungkin, Mengantisipasi persainganMengembangkan posisi produk dan strategi bauran pemasaran. Memudahkan penyesuaian produk yang dipasarkan dan strategi bauran pemasaran yang dijalankan (harga yang tepat, saluran distribusi yang efektif, promosi yang tepat) dengan target pasar. Membidik peluang pasar lebih luas, hal ini penting saat memasarkan produk baru.  Memanfaatkan sumber daya perusahaan yang terbatas seefisien dan seefektif mungkin. Mengantisipasi persaingan.

Rahma juga berharap dengan adanya Sosialisasi tersebut para peserta dapat Memiliki pegetahuan dan pemahaman langkah-langkah  menjalankan usaha dalam memasarkan produk dan merancang market place.  Pemasaran sangat penting karena dapat membantu bisnis Anda dalam mencapai target perusahaan. Fokus utamanya memang meningkatkan penjualan sendiri, termasuk melihat bagaimana kualitas produk. Namun tidak hanya itu saja. Pemasaran yang baik juga meningkatkan brand awareness. (Direktorat Hms & Pro)