Berita

Rektor UNIKOM Gelar Silaturahmi Dan Berbuka Puasa Bersama Struktural UNIKOM Tahun 2024

BANDUNG, UNIKOM – Ramadhan tidak hanya menjadi momen spiritual bagi umat Islam, tetapi juga sarat dengan berbagai tradisi yang biasa dilakukan di bulan suci tersebut. Khususnya bagi masyarakat Jawa Barat, selain nadran, yaitu tradisi ziarah mengunjungi makam orang tua dan sanak saudara yang telah mendahului menghadap Allah SWT, Buka Puasa Bersama merupakan salah satu tradisi yang hidup di masyarakat Jawa Barat sejak dahulu dan masih dipertahankan sampai sekarang.

Buka Puasa Bersama merupakan salah satu tradisi yang dinanti-nantikan dalam suatu kumpulan atau komunitas masyarakat Jawa Barat. Diriwayatkan Sa’id bin Musayab, Rasulullah bersabda “Barangsiapa yang memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa di bulan Ramadhan, baginya pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi sedikitpun pahala puasa orang yang diberi buka tersebut”. Ajaran Islam tersebut berpadu dengan budaya ketimuran yang kolektif, tumbuh menjadi tradisi yang bukan hanya tumbuh di wilayah Jawa Barat saja, namun telah menjadi tradisi yang umum dilakukan masyarakat Indonesia dimanapun.

Memasuki puasa hari ke 25 di bulan Ramadhan, Rektor UNIKOM, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T., mengundang seluruh struktural UNIKOM untuk berbuka puasa bersama di Widuri Indonesian Restaurant, Jl. Ciliwung No. 19 Bandung. Pada kesempatan tersebut, Prof. Eddy menuturkan, acara buka puasa bersama tersebut ditujukan untuk mengisi salah satu kegiatan di bulan Ramadhan yang merupakan bagian dri aktivitas UNIKOM yang biasa dilaksanakan setiap bulan Ramadhan. “Kita berharap bahwa acara ini dapat mempererat tali silaturahmi di antara dosen-dosen di lingkungan UNIKOM dan karyawannya, dan dapat berdampak positif bagi peningkatan kinerja dari dosen dan karyawan di lingkungan UNIKOM”, tuturnya. Atas nama pimpinan UNIKOM, kepada seluruh sivitas akademika UNIKOM, ia mengucapkan Selamat Idul Fitri 1445 Hijriah. Minal ‘aidiin wal faaiziin, mohon maaf lahir dan bathin.

Momen Buka Puasa Bersama bukan hanya sekedar menyantap hidangan yang tersedia secara bersama-sama. Namun lebih daripada itu, tradisi Buka Puasa Bersama memiliki makna dan nilai luhur dalam menjalin persatuan dan kebersamaan. Buka Puasa Bersama menjadi simbol toleransi dan kepedulian dan kebersamaan yang universal. Sejumlah struktural UNIKOM, antara lain para Wakil Rektor, Dekan, Direktur, Ketua Program Studi, Ketua Divisi, dan karyawan lainnya turut hadir dalam acara tersebut. Berbuka Puasa Bersama mencerminkan kedekatan dan silaturahmi antar keluarga, teman, maupun rekan kerja. Dimana acara tersebut juga menjadi ajang untuk saling bertukar cerita, dan memperkuat persaudaraan seluruh sivitas akademika di lingkungan UNIKOM. (Direktorat Hms & Pro)

Artikel Berikutnya